MINYAK NAIK DI ASIA SETELAH KTT KRISIS UTANG EROPA

• Monday, 24 Oct 2011 - 15:57 WIB

Singapura, 24/10 (ANTARA/AFP) - Harga minyak mentah naik di perdagangan Asia pada Senin karena pasar ekuitas regional naik didukung optimisme setelah pertemuan puncak Eropa yang bertujuan
untuk memecahkan krisis utang zona euro, kata analis.
    Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Desember, naik 66 sen menjadi 88,06 dolar AS per barel pada sore hari.
    Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember naik 65 sen menjadi 110,21 dolar AS.
    Pedagang menyambut gembira komentar dari para pemimpin Eropa setelah pertemuan akhir pekan yang diadakan untuk menuntaskan rencana mengatasi krisis utang kawasan, kata Jonathan Barratt, direktur pelaksana Commodity Broking Services di Sydney.
    "Kami masih menunggu sebuah hasil ... tetapi ada optimisme bahwa
hasilnya akan positif," katanya kepada AFP.
    "Mengingat pasar ekuitas telah bereaksi (terhadap pembicaraan di KTT), ada lebih banyak optimisme di luar sana yang akan menghasilkan lebih banyak permintaan untuk minyak mentah."
    Bursa utama Asia, termasuk di Hong Kong, Jepang dan Australia melonjak di perdagangan sore, terangkat oleh komentar positif oleh para pemimpin Eropa di pembicaraan Brussel.
    Para pejabat termasuk Ketua IMF Christine Lagarde memuji "kemajuan baik" dibuat di KTT yang bertujuan untuk mengatasi krisis yang mengancam dunia terjerumus ke dalam resesi baru.
    Terutama, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel tampaknya telah menyelesaikan perbedaan sebelumnya tentang peningkatan dana talangan Uni Eropa, mengatakan kepada wartawan ada "kesepakatan cukup luas" pada poin-poin utama.
    Namun, presiden dan perdana menteri tindak mengatakan rincian konkret, berjanji akan mengungkapkan semuanya pada pertemuan kedua, Rabu.

(Uu.SYS/B/A026/C/B012) 24-10-2011 15:31:12