DIRUT PLN SEBAIKNYA DARI INTERNAL

• Tuesday, 25 Oct 2011 - 11:28 WIB

 Jakarta, 25/10 (ANTARA) -  Direktur utama PLN terpilih nanti sebaiknya dari kalangan internal karena selain sudah paham tentang misi dan visi perseroan, juga menguasai segi teknis dan komersial.
    "Lebih tepat dari kalangan internal, sehingga dia tidak lagi mengubah skema jangka panjang yang sudah ada. Jadi kita berharap figur yang ada saat ini menguasai teknis dan komersial, syukur-syukur dia generasi muda yang ada di PLN," kata Anggota Komisi VII DPR Satya W Yudha di Jakarta, Selasa, terkait dengan rencana pemilihan dirut PLN yang baru menyusul diangkatnya Dahlan Iskan menjadi menteri BUMN.
    Satya menjelaskan bahwa beberapa pertimbangan calon dirut PLN tersebut harus orang internal adalah mengingat persoalan yang dihadapi oleh perusahaan listrik negara tersebut.
    Beberapa persoalan yang dihadapi dan harus diselesaikan, di antaranya adalah persoalan efisiensi, masalah susut jaringan dan masalah investasi ke depan.   
    "Yang jelas bagaimana seperti yang dijabarkan pada waktu memberikan margin 7 persen. Oleh sebab itu, lebih bagus dari internal PLN saja," katanya.
     Satya mengatakan meskipun PLN telah melakukan efisiensi, namun bukan berarti direksi terpilih nanti jadi kendor untuk melakukan hal serupa, meskipun hal itu dilakukan oleh direksi sebelumnya.
    "Memang temuan BPK ada efisiensi sampai Rp19 triliun, walaupun itu akibat dari direksi lama. Namun hal itu juga jadi PR (pekerjaan rumah) direksi yang baru ini," tukas Satya.
    Dijadwalkan pada Selasa ini (25/1) Menteri BUMN Dahlan Iskan akan segera menunjuk direktur utama PLN yang baru. Beberapa kandidat yang bakal dipilih di antaranya adalah Direktur Manajemen Bisnis dan Resiko PLN Murtaqi Syamsudin dan Direktur Energi Primer PLN Nur Pamuji.

(T.KR-IAZ)
(T.KR-TRT/B/A023/A023) 25-10-2011 11:20:39