Mengingat Kembali Perang Dunkirk

• Thursday, 20 Jul 2017 - 10:54 WIB

Genre: Action, Drama, History

Sutradara: Christopher Nolan

Pemain: Tom Hardy, Cillian Murphy, Mark Rylance, Kenneth Branagh, Harry Styles.

Distributor: Warner Bros. Pictures

Durasi: 1 jam 50 menit

Tayang di bioskop Indonesia: Mulai 21 Juli 2017

 

"Dunkirk" yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini memberikan elemen yang berbeda, dengan membuat film peperangan historikal, dan membangkitkan kembali bagaimana kejadian perang di Pelabuhan Dunkirk, Perancis pada awal Perang Dunia ke II.

Berkisah tentang evakuasi tentara Inggris, Belgia, Kanada, dan Perancis dari kota pelabuhan Dunkirk, Perdana Menteri Inggris mengerahkan ratusan kapal untuk menyelamatkan sekitar 350 ribu tentara, yang dikepung oleh pasukan Jerman dan terdesak serta diserang bertubi-tubi dari udara, dengan melemparkan bom ke laut maupun darat.

 

Banyak tentara yang gugur akibat serangan tersebut yaitu sebanyak 60 ribu jiwa dalam kurun waktu tiga minggu ditahan oleh Jerman. Untuk menyelamatkan tentara sekutu dari kepungan Jerman, sekitar 850 kapal dikerahkan mulai dari kapal perang, kapal rakyat sipil, dan kapal-kapal kecil menjadi sekoci bagi para tentara aliansi.

Drama yang terjadi membuat penonton merasakan haru karena begitu banyak korban tewas, akibat terkena bom Jerman. Dari udara pun banyak helikopter Inggris tenggelam ke laut akibat terkena serangan musuh. Evakuasi Dunkirk lantas menjadi semacam pendongkrak moral untuk terus melawan Nazi, yang tanpa henti menyerang Inggris.

Bagaimanakah kelanjutan hidup para tentara aliansi Inggris? Akankah berhasil melawan serangan dari Jerman dan dapatkah tentara aliansi bebas dari kepungannya? Dengan dibalut cerita nyata, dan drama yang membuat khalayak mengetahui bagaimana kisah dari perang tersebut, "Dunkirk" juga dapat disaksikan oleh penonton semua umur.

(OVI)