Jangan Lupa Cat Kembali Pagar Besi atau Kayu

• Friday, 21 Jul 2017 - 19:11 WIB

Di hari raya lalu mungkin anda telah memberikan sentuhan baru pada warna ruangan anda. Sebagai salah satu bagian utama dari tampilan rumah, jangan sampai anda lupakan Pagar Rumah untuk diberikan sentuhan baru. Material yang paling sering kita jumpai adalah besi dan Kayu. Memberi warna pada besi dan kayu memang terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengingat besi dan kayu memiliki karakter yang unik.

Kansai Paint sebagai produsen cat, akan berbagi tips ketika anda memberikan sentuhan warna baru pada Pagar besi atau kayu. “Salah satu cara efektif untuk menjaga kondisi pagar adalah dengan melakukan pengecatan ulang agar nampak kembali baru” ungkap Leonardo Batubara, Brand Manager PT KANSAI PRAKRSA COATINGS (KANSAI PAINT).

Agar pengecatan ulang dapat dikerjakan dengan hasil maksimal, menurut Ibu Ayu Kadek Santi, Technical Service & Development Manager PT KANSAI PRAKARSA COATINGS (KANSAI PAINT) ada beberapa langkah yang sebaiknya anda lakukan, Antara lain;

Bersihkan Bidang Besi

Bersihkan permukaan dari segala kotoran debu, air dan minyak. Setelah bersih lakukan penghalusan dengan menggunakan amplas no.180, untuk menghilangkan karat pada permukaannya. Jika karat cukup tebal, bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Setelah karat hilang bersihkan dengan air hangat dan sabun, lalu bilas dengan air bersih. Secepatnya keringkan permukaan besi agar tidak timbul karat kembali pada permukaan.

Penggunaan Cat

Gunakan cat khusus untuk besi, salah satu produk KANSAI PAINT yang bisa anda gunakan untuk besi adalah FTALIT. Awalnya gunakan cat dasar pada permukaan besi agar tidak timbul karat kembali pada permukaan. Setelah kering sempurna, gunakan cat besi yang sudah dicampurkan dengan thinner. Lakukan cat pertama dan tunggu hingga 8 jam, dan lanjutkan dengan cat kedua hingga warna merata.

Pada Bidang Kayu

Amplas permukaan kayu hingga licin dan rata. Amplas searah serat kayu dengan amplas no.180 dan haluskan dengan amplas no.240. Bersihkan permukaan kayu dari debu, air, minyak, dan sisa amplas. Ukur kadar air pada kayu dengan alat promiter (kadar air < 15%).

Pelapisan Khusus Pada Kayu

Gunakan Wood Putty dengan aplikator spatula lalu biarkan kering, Wood Putty berfungsi menutup pori pori pada kayu sehingga hasil akan lebih solid. Setelah kering, amplaslah dengan amplas no.240 sampai halus dan rata. Bersihkan debunya dengan lap bersih.

Penggunaan Cat Kayu

Aplikasikan cat dasar yang diencerkan dengan thinner. Pilihlah kuas yang besar untuk melakukan pengecatan. Setelah cat dasar kering sempurna aplikasikanlah cat kayu sesuai dengan warna yang diinginkan. Campur cat kayu dengan thinner dan lakukan pengecatan sesuai arah serat kayu.

Kansai Paint adalah salah satu produsen cat Premium yang memiliki banyak jenis produt cat yang diberikan untuk konsumen, baik konsumen perusahaan maupun retail. Sebagai produsen Cat Premium, Kansai Paint sudah membuktikan kualitasnya dengan memberikan garansi 12 tahun dan green label pada produk cat premium untuk kebutuhan interior dan eksteriornya. Sehingga tak perlu di ragukan lagi produk lainnya pun akan memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumen.

Tips ini disampaikan oleh Kansai Paint, agar dapat membantu dalam memperbaiki pagar lama anda menjadi tampak baru.

(MAR)