5 Manfaat Segelas Buttermilk daripada Secangkir Kopi

• Wednesday, 2 Aug 2017 - 16:55 WIB
Menikmati segelas buttermilk memberi manfaat yang baik untuk kesehatan dibanding dengan menikmati secangkir kopi.

JAKARTA - Buttermilk yang mengandung susu dan beberapa jenis bumbu seperti, daun kari, biji jintan, bubuk garam, dan jahe ini mengandung bakteri baik, terutama untuk pencernaan. Buttermilk juga memiliki kalori yang rendah. Bahkan, masyarakat di perdesaan India lebih memilih mengkonsumsi buttermilk di pagi hari daripada menyeruput secangkir kopi. Terlebih saat musim panas seperti sekarang ini.

Dikutip Boldsky, ada beberapa manfaat buttermilk yang dapat Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya.

1.Mengurangi sensasi pembakaran
Jika perut Anda terasa sakit atau panas karena efek dari minuman atau makanan asam, minum buttermilk bisa mendinginkan rasa terbakar di perut. Hal ini juga dapat meminimalkan iritasi yang disebabkan oleh acid reflux.

2.Meningkatkan Pencernaan
Jika Anda merasa tidak nyaman setelah makan berat, cukup minum segelas buttermilk dengan tambahan sedikit bubuk jahe. Minuman ini akan meningkatkan pencernaan Anda dan mencegah bersendawa berlebih.

3.Obat untuk dehidrasi
Bila Anda menderita dehidrasi, minumlah segelas buttermilk dengan tambahan bumbu dan garam secukupnya. Setelah itu, Anda akan merasa terhidrasi, bahkan jika berada di daerah beriklim panas sekalipun.

3.Nutrisi
Ketika berbicara tentang nutrisi, buttermilk memiliki kandungan potasium, protein, kalsium, dan vitamin B kompleks.

4.Obat diare 
Jika Anda menderita diare, ambil secangkir buttermilk dan campurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalamnya dan aduk rata. Konsumsi 3 kali sehari, diare Anda akan sembuh dalam beberapa hari.

5.Mengontrol tingkat kolesterol
Minum segelas buttermilk juga membantu mengendalikan kadar kolesterol. Selain itu, protein aktif bioaktif dalam buttermilk memiliki khasiat antikanker, antibakteri, dan anti virus. Minum buttermilk juga bagus untuk tekanan darah. 



(tdy/Sindonews)