Sidang Buni Yani, Jaksa Belum Pastikan Kehadiran Ahok untuk Bersaksi Hari Ini

• Tuesday, 15 Aug 2017 - 10:25 WIB

BANDUNG – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bersaksi di sidang kasus Buni Yani di Bandung, Jawa Barat, hari ini. Jaksa penuntut umum (JPU) sudah meminta kesediaan mantan Gubernur DKI Jakarta, tapi belum bisa Ahok hadir atau tidak.

Tim JPU Kejari Depok memastikan bahwa surat pemanggilan terhadap Ahok agar bersedia hadir ke sidang Buni Yani untuk memberikan kesaksian sudah diterima Ahok yang kini mendekam di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Ahok diminta hadir sebagai saksi fakta dalam persidangan kasus pelanggaran UU ITE dengan terdakwa Buni Yani. Tapi, jaksa belum dapat konfirmasi apakah Ahok akan hadir atau tidak.

"Surat pemanggilan sudah sampai ke yang bersangkutan, tapi belum ada kepastiannya (hadir)," kata seorang JPU, Andi M Taufik saat dikonfirmasi, Selasa (15/8/2017).

Dia menjelaskan, Ahok bukanlah saksi biasa seperti halnya ‎saksi lainnya. Status Ahok sebagai narapidana membuat prosedur pemanggilan menjadi panjang. "‎Basuki bukan saksi biasa, prosedurnya panjang, dia kan ditahan, bisa mungkin dipertimbangakan. Bukan kayak saksi biasa yang bebas," ujar Andi.

Jika memang pada nantinya Ahok tidak hadir dalam sidang Buni Yani hari ini di Gedung Arsip, Bandung, JPU akan kembali meminta majelis hakim untuk membacakan saja surat keterangan kesaksian Ahok. "Menurut saya, Basuki sudah disumpah, kan dia bukan saksi kunci juga," tutupnya.

(sal / Okezone)