BETADINE Retro Run 2017 Ajak Masyarakat Berantas Mitos dan Rumor Kanker

• Wednesday, 23 Aug 2017 - 22:10 WIB

Jakarta - Mundipharma Indonesia melalui brand BETADINE® dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) berkolaborasi kedua kalinya dalam mengadakan kegiatan BETADINE® Retro Run 2017 yang akan diadakan pada 17 September 2017 di Lot 8 SCBD Jakarta.

BETADINE® Retro Run merupakan lari mundur revolusioner pertama di Indonesia yang digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terkait upaya pencegahan dan penanggulangan kanker sekaligus sebagai bentuk donasi pada upaya penanggulangan kanker.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM mengatakan pemahaman masyarakat mengenai penyakit kanker perlu ditingkatkan mengingat banyaknya mitos yang berkembang mengenai kanker di masyarakat yang kebenarannya masih diragukan.

"Banyak diinformasikan bahwa konsumsi jenis makanan tertentu dapat menyebabkan sel kanker,  sementara banyak juga makanan yang dianggap super food yang dapat mencegah kanker. Salah satu rumor yang banyak muncul adalah terkait penyedap rasa  (MSG) sebagai salah satu pemicu penyakit kanker," katanya pada konferensi pers BETADINE® Retro Run 2017 di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Lebihlanjut Aru mengatakan dengan adanya berbagai mitos di masyarakat ini dapat dilihat bahwa pengetahuan masyarakat terkait kanker, pencegahan dan perawatannya masih minim. Berdasarkan hasil data Riskesdatin tahun 2013 prevalensi penyakit kanker pada penduduk Indonesia mencapai 0,14% dari total penduduk atau sebesar 347.792 orang.

"Mengingat hal ini, menjadi semakin penting bagi Yayasan Kanker Indonesia untuk memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat," ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Aru, Yayasan Kanker Indonesia menyambut baik dukungan Mundhipharma Indonesia yang berusaha menyebarkan edukasi mengenai kanker pada masyarakat melalui acara BETADINE® Retro Run 2017.

"Kami harap melalui acara ini masyarakat menjadi lebih sadar akan cara tepat pencegahan kanker dengan menjaga keseimbangan berat badan, konsumsi makanan bergizi seimbang dan bebas zat kimia juga rutin berolahraga. Kami juga mendorong masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker agar penanganan dapat dilakukan segera dan dengan tepat," tegasnya.

Sementara itu, Country Manager PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Mada Shinta Dewi mengatakan Mundipharma memiliki komitmen untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

"Kali ini melalui acara BETADINE® Retro Run 2017, Mundipharma Indonesia bersama dengan Yayasan Kanker Indonesia ingin menumbuhkan kesadaran nasyarakat Indonesia mengenai penyakit kanker dengan cara mengajak masyarakat meningkatkan gaya hidup sehat sebagai salah satu upaya pencegahan kanker. Tidak hanya mengerti mengenai mitos dan rumor yang beredar," kata Mada.

BETADINE® Retro Run 2017 digelar kedua kalinya pada tahun 2017 dan memiliki target 1500 peserta dan hingga 150 penyintas kanker. (ANP)