Serentak, Pertamina Lubricants Luncurkan Program BPJS Kesehatan Bagi Mekanik

• Wednesday, 30 Aug 2017 - 21:17 WIB

JAKARTA – PT Pertamina Lubricants, melalui Sales Region III DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat dan Sales Region V Semarang, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang setempat secara serentak meluncurkan program Asuransi Mekanik BPJS Kesehatan yang akan diberikan kepada 280 mekanik (Sales Region III sebanyak 200 dan Sales Region V sebanyak 80) berprestasi beserta keluarga di seluruh wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah selama periode satu (1) tahun kedepan. 280 mekanik ini merupakan mekanik yang bekerja di bengkel owned-channel Pertamina seperti Olimart, Bengkel Enduro dan Enduro Express.

Program diresmikan dengan penandatanganan dua Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pertamina Lubricants dan BPJS Kesehatan Cabang Setempat di kedua Sales Region yang dilakukan oleh Sales Region Manager III DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, Arief Hariyanto dengan Kepala Cabang BPJS kesehatan wilayah Jakarta Pusat, drg. Bona Evita AAK, lalu MoU berikut ditandatangi oleh Sales Region Manager IV Semarang PT Pertamina Lubricants Christina C.H. Simorangkir dengan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Semarang Dr. Bimantoro R, AAK.

Program ini merupakan program CSR Loyalitas Mekanik PT Pertamina Lubricants yang menyentuh pada aspek jaminan sosial kesehatan. Program ini sebelumnya sudah dilaksanakan kali pertama di Sales Region V Surabaya dengan pemberian asuransi BPJS Kesehatan ke lebih dari 200 mekanik di Jawa Timur. Dalam hal ini, Pertamina Lubricants terus berkomitmen untuk meningkatnya kesadaran sehat kepada para mekanik khususnya mereka yang telah dan akan menorah prestasi melalui kinerja luar biasa selama tahun 2017 dan di tahun-tahun mendatang.

“Mekanik adalah ujung tombak penjualan dan mereka benar-benar dekat dengan konsumen dan masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan mekanik yang sehat dan sadar sehat, sehingga dapat melayani pelanggan dengan baik  Penjualan pelumas Pertamina tidak lepas dari mekanik sebagai influencer. Pemberian BPJS kesehatan ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap mekanik yang sudah berkontribusi besar melalui komitmen mereka melayani pelanggan di Olimart maupun Bengkel Enduro,” Ujar Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants.

Bengkel Enduro merupakan bengkel khusus untuk kendaraan roda dua dan menyediakan servis ringan dan berat. Selain itu, Bengkel Enduro juga menyediakan rangkaian produk pelumas Pertamina khusus motor untuk berbagai spesifikasi. Untuk melengkapi pelayanan pelumas di SPBU, Pertamina Lubricants juga memiliki Enduro Express yang merupakan outlet servis ringan, isi angin dan ganti oli untuk kendaraan roda dua.  Sedangkan Olimart merupakan outlet pelumas untuk kendaraan roda empat yang berkembang dengan model kemitraan antara Pertamina dan masyarakat terutama pemilik bengkel. Olimart khusus menyiapkan segala pelayanan servis berat dan ringan untuk mobil dan menyediakan pelumas Pertamina seperti Fastron Series, Meditran SX Bio dan varian lainnya.

Program BPJS mekanik ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina Lubricants terhadap mekanik dan keluarga sehingga mereka dapat merasakan kenyamanan dalam bekerja dan sudah mendapatkan jaminan obat dan pelayanan kesehatan jika sakit. Harapan kedepannya dengan program ini dapat meningkatkan loyalitas mekanik untuk selalu mengedepankan pelumas karya anak bangsa.

“Harapan kami adalah untuk melaksanakan program ini diseluruh wilayah di Indonesia sebagai bentuk komitmen kami terhadap kerja keras mekanik selama ini,” ujar Arya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS kesehatan wilayah Jakarta Pusat, Bona Evita menjelaskan, saat ini jumlah kepesertaan JKN-KIS di Indoneasia mencapai 180 juta jiwa, sehingga masih ada sekitar 70 juta yang belum terjamin kesehatannya. Untuk itu, Pertamina Lubricant yang merupakan BUMN, peduli dengan para mekanik tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten dengan mendaftarkan BPJS Kesehatan. Bahkan kedepan BUMN ini masih terus mendata mitranya yang belum tercover BPJS Kesehatan, untuk menjadi peserta JKN-KIS.

“Mereka peduli dengan lingkungan dan mendukung Indonesia sehat. Pertamina akan membayar iuran mekanik beserta keluarganya,” tegasnya. (ANP)