Tak Disangka, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Cepat Rapuh, Salah Satunya Bayam?

• Monday, 4 Sep 2017 - 19:17 WIB

SETIAP manusia, baik laki dan perempuan harus bisa menjaga kesehatan tulangnya setiap hari. Tapi mungkin dengan mengonsumsi beberapa makanan, Anda bisa mengalami tulang rapuh.

Tak hanya itu, kebiasaan gaya hidup tidak sehat sejak dini juga memicu gangguan kesehatan tulang. Anda harus mencegahnya, supaya di masa tua tetap sehat.

Dikutip Thehealthsite, Senin (4/9/2017), berikut adalah beberapa makanan yang bisa melemahkan tulang Anda secara berkala. Hindari makanan tersebut agar tidak mengalami dampaknya.

Alkohol

Keseringan minuman beralkohol dikaitkan dengan fraktur oestoporosis dan kepadatan tulang rendah. Hal ini terbukti jika minuman keras benar-benar bisa membuat tulang Anda rapuh. Pertamanya Anda dapat mengalami peradangan, lanjut secara berkala dapat menyebabkan risiko patah tulang yang besar saat Anda mengalami cedera.

Garam

Percaya atau tidak, terlalu berlebihan konsumsi garam atau makanan asin juga menyebabkan tulang cepat rapuh. Ya, hal ini ternyata dapat mengikat air dan kalsium yang dapat menguatkan tulang. Akibatnya, Anda juga dapat mengalami dan osteoporosis bagi wanita yang telah memasuki masa menopause.

Minuman bersoda

Minuman soda atau minuman manis lainnya juga tak baik untuk menjaga kesehatan tulang. Ini sama halnya dengan minuman beralkohol, yang dikaitkan dengan peningkatan fraktur tulang. Sebagai gantinya, Anda harus memperbanyak minum susu untuk mendapatkan vitamin D, vitamin K, serta kalsiumnya.

Kopi dan teh

Kedua jenis minuman berkafein ini juga tidak bagus untuk menjaga kesehatan tulang Anda secara utuh. Studi menyebutkan, minuman berkafein mengurangi mineralisasi tulang, sehingga membuat tulang lebih rentan mengalami fraktur dan osteoporosis.

Sayuran yang mengandung alkaloid

Jenis sayuran seperti terong, tomat, kentang dan paprika termasuk berbahaya bagi kesehatan tulang jika dikonsumsi secara berlebihan. Sayuran ini mengandung alkaloid yang sangat kontroversial di dunia medis. Anda juga rentan mengalami gejala rematik bila mengonsumsinya setiap hari.

Bayam

Waduh, bayam juga dapat menyebabkan tulang mudah rapuh. Kenapa ya? Ternyata sayuran hijau ini mengandung banyak oksalat yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang. Meskipun bayam tergolong sumber kalsium yang baik, tubuh dapat mengalami kesulitan untuk mengekstrak nutrisi pembentukan tulang dari makanan yang mengandung oksalat ini.

Daging merah

Selain menyumbang risiko terjadinya kanker usus besar, daging merah juga bisa berdampak pada kesehatan tulang Anda. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menyimpulkan, seseorang yang bisa mengurangi makan daging merah dampaknya sangat positif untuk kesehatan tulang Anda. Karena itu, batasi konsumsi makanan ini agar tak memicu banyak penyakit yang mengganggu aktivitas di kemudian hari.

(hel)