5 Tanda Serangan Jantung pada Wanita yang Harus Diwaspadai

• Tuesday, 5 Sep 2017 - 08:45 WIB

JAKARTA - Serangan jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Kondisi ini pun pada umumnya mudah dikenali dengan gejala seperti nyeri dada, nafas pendek-pendek hingga seperti ada otot yang tertarik di dada atau punggung.

Tak hanya pria, penyakit ini juga bisa menyerang para wanita. Namun gejala yang dialami wanita, berbeda dengan pria. Berikut beberapa gejala serangan jantung yang dialami oleh para wanita yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Boldsky. 

1. Rasa sakit di punggung, leher, rahang dan lengan
Rasa sakit ini bisa muncul secara mendadak dan bersifat progresif dan akut. Akibatnya banyak yang terbangun di tengah malam.

2. Sakit perut tak tertahankan
Waspada jika Anda mengalami gejala ini. Rasa sakit yang dialami pada wanita ini biasanya disertai dengan adanya tekanan di daerah perut dan terasa tajam. 

3. Keringat dingin dan sesak napas
Keringat dingin dan sesak napas merupakan gejala serangan jantung lainnya yang harus diwaspadai para wanita. Khususnya jika Anda tiba-tiba mengalami masalah pernapasan tanpa alasan atau gejala umum. Biasanya gejala ini menimbulkan sensasi seperti baru selesai lari marathon meski tidak beranjak dari tempat. 

4. Sering lelah
Anda akan mudah merasakan lelah dan tidak dapat melakukan berbagai kegiatan ringan lainnya.

5. Nyeri dada 
Kondisi ini disertai dengan ketidak nyaman serta tekanan di dada. Rasa nyeri pun bisa muncul tak hanya pada sisi kiri saja tapi juga secara keseluruhan.

(nfl)