Perokok Aktif Bisa Berhenti Merokok, Ini 5 Tipsnya Salah Satunya Sering Makan

• Wednesday, 6 Sep 2017 - 16:54 WIB

MENJADI seorang perokok pasif sejatinya selalu mengeluh sulit untuk pensiun. Tapi sebenarnya jika niat baik, kebiasaan buruk ini dapat dibatasi.

Perlahan-lahan, Anda harus mencoba untuk tidak terus-menerus menghisap batang rokok yang penuh racun. Dampaknya tentu tidak baik untuk kesehatan, terutama mengganggu fungsi jantung dan paru.

Merokok juga membuat Anda mengalami dampak buruk dari faktor apapun. Termasuk dari kerugian ekonomi pendapatan dan mengganggu kesehatan orang lain.

Karena itulah Anda wajib berhenti merokok mulai sekarang. Tapi caranya bagaimana ya?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg Oscar Primadi, MPH membagi 5 tips berhenti menjadi perokok aktif. Ini dia rangkumannya yang ditulis Okezone, Rabu (6/9/2017).

Niat

Setiap orang pasti punya niat setiap akan melakukan sesuatu hal. Termasuk dalam memulai kenaikan berhenti merokok. Motivasi diri Anda agar mudah mengawali kebiasaan baik ini. Minta dukungan kepada keluarga atau teman dekat, supaya mereka tak menghalangi niat baik Anda demi menjaga kesehatan.

Jauhkan rokok dari diri Anda

Jika biasanya setiap pagi Anda mampir ke toko untuk membeli rokok, saat ini jangan lagi. Jauhkan rokok dari dekat Anda. Berpikirlah positif dan lakukan aktivitas lainnya yang membuat Anda lupa untuk merokok. Menurut para ahli kesehatan, salah satu cara ini cukup ampuh membuat seseorang berhenti merokok.

Sering makan dengan porsi kecil

Sebagai ganti kebiasaan merokok, Anda bisa makan dengan porsi kecil bila lapar. Tentu pilih jenis makanan yang tidak mengandung tinggi kalori, supaya badan tidak gemuk. Anda bisa memiliki menu makanan sumber protein, seperti oat, roti gandum, telur, dan lainnya.

Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan bahan makanan sumber antioksidan yang tinggi. Sediakan buah-buahan yang mudah dibawa bepergian. Daripada Anda merokok, lebih baik makan buah. Nah, jangan lupa setiap makan berat, sertakan sayuran hijau kaya antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Konseling

Pemerintah saat ini menyediakan jasa konseling untuk para perokok aktif. Lakukan tips ini supaya Anda merasa didukung oleh lingkungan sekitar. Konseling dapat dilakukan lewat telepon atau pergi ke klinik untuk bertemu dokter. Cara ini sangat efektif membantu Anda berhenti merokok secara perlahan-lahan.

(ndr)