Studi: Napas Melalui Hidung Bisa Bikin Kurus

• Thursday, 7 Sep 2017 - 08:18 WIB

JAKARTA - Peneliti menemukan fakta baru terkait metabolisme tubuh. Di mana untuk memiliki metabolisme tubuh yang baik, seseorang harus bernapas melalui hidung. Sayangnya masih banyak yang tak terbiasa bernapas dari hidung hingga memilih melalui mulut. 

Dilansir dari Zeenews, padahal hal tersebut bisa memperlambat proses metabolisme dalam tubuh. Bernapas melalui mulut juga bisa membuat seseorang terjaga sepanjang waktu, termasuk saat tidur agar oksigen tidak kurang. Sedangkan, tidur yang buruk merupakan salah satu penyebab terjadinya obesitas, stres, dan sleep apnea.

"Pernapasan melalui mulut menyebabkan seseorang tidur dengan kualitas rendah. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidur yang buruk dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan. Dengan begitu kemungkinan obesitas menjadi lebih tinggi. Selain itu, bernapas melalui mulut meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan antara lain tekanan darah tinggi, kesehatan kardiovaskular yang buruk, dan bahkan demensia," papar Patrick McKeown.

Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa bernapas melalui hidung bisa membantu meningkatkan metabolisme, khususnya menjadi lebih cepat menurunkan berat badan. Selain itu, bernapas melalui hidung juga bisa meningkatkan suplai oksigen saat tidur sehingga tidur lebih berkualitas. 

"Bila ada seseorang yang bernapas melalui mulut, mereka harus melatih diri agar bernapas dengan benar. Manfaat lain yang didapatkan dari bernapas melalui hidung adalah menjaga keseimbangan hormon. Hormon yang seimbang membuat rasa lapar bisa ditahan karena hormon yang menyebabkan rasa lapar tidak berlebihan jumlahnya," pungkasnya.

(nfl)