Jika Dikonsumsi Bersamaan, 7 Kombinasi Makanan Ini Jadi Tidak Sehat

• Thursday, 7 Sep 2017 - 13:59 WIB

SAAT berniat makan di restoran, pasti banyak pilihan menu yang bakal Anda santap. Tapi awas salah pilih, karena kombinasi makanan yang Anda pilih dapat membahayakan pencernaan.

Beberapa jenis makanan bergizi sangat baik untuk dikonsumsi, tapi mungkin bisa mengandung risiko bagi pencernaan bila dikonsumsi bersamaan. Anda harus catat aneka makanan tersebut, seperti yang direkomendasi para ahli.

Tak usah bingung dan cemas, berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Simak ulasan selengkapnya, dilansir Boldsky, Kamis (7/9/2017).

Roti selai

Roti dan selai merupakan dua jenis makanan tinggi kalori dan gula. Roti tawar mengandung tinggi karbohidrat yang sulit dicerna tubuh dengan cepat. Begitu juga dengan selai, mengandung bahan pengawet makanan dan tinggi gula yang berbahaya bagi fungsi pankreas.

Pizza dan soda

Dua makanan ini kerap menjadi menu pilihan lezat saat berkunjung ke restoran khas Italia. Sebagian orang suka mengonsumsi makanan ini karena lezat dinikmati. Tapi jika kedua dimakan bersamaan, khawatirnya bisa mengganggu pencernaan Anda. Akibatnya, setelah makan pizza dan minum soda, perut jadi terasa kembung dan tidak nyaman.

Pasta keju

Jika Anda menyukai pasta, hindari pasta dengan tambahan tomat atau keju. Bahan tambahan tersebut tergolong lambat dicerna usus. Sehingga, perut akan terasa tidak nyaman usai makan. Tambahkan sayuran hijau atau sayuran panggang ke piring pasta And, supaya manfaatnya lebih baik.

Susu cokelat

Kakao dapat mempengaruhi penyerapan kalsium karena mengandung asam oksalat. Bila Anda mengonsumsi kakao bersama dengan sumber makanan kalsium seperti susu, bahkan bisa membentuk kristal oksalat yang bisa mengganggu ginjal Anda. Jika Anda adalah penggemar susu cokelat, maka gunakan susu skim untuk meningkatkan penyerapan oksalat yang lebih baik.

Telur dengan bacon

Menu sarapan gaya Western pasti mengandalkan bacon dan telur. Ternyata kombinasi makanan ini tidak sehat. Makan telur bersama dengan bacon bisa menghambat sistem pencernaan. Sebagai gantinya, Anda bisa makan telur ditambahkan tomat segar. Asam yanh hadir dalam tomat dapat membantu dalam proses pencernaan. Selain itu, lycopene dari tomat dan vitamin E dari telur bisa cepat dicerna usus.

Jus jeruk dengan sereal

Beberapa orang menyukai sereal untuk sarapan. Lalu ditambah dengan minum jus jeruk. Kombinasi ini juga sangat tidak bagus, kandungan asam dari jeruk bisa ganggu sistem pencernaan Anda.

Salad dengan jus lemon

Jika Anda suka makan salad, Anda perlu ingat bahwa nutrisi yang ada pada sayuran tersebut mungkin membutuhkan lemak sehat untuk diserap. Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan perasan lemon di salad Anda, cobalah menambahkan satu sendok minyak zaitun atau alpukat ke piring salad Anda untuk mendapatkan sedikit lemak. Jangan terlalu sering konsumsi perasan lemon karena bisa membahayakan ginjal.

(hel)