Ingin Lembapkan Kulit Kering Akibat Cuaca? Yuk, Bikin Sendiri Gel Aloe Vera

• Wednesday, 20 Sep 2017 - 13:06 WIB

MANFAAT aloe vera memang sudah terbukti banyak, tidak hanya untuk obat-obatan dan bahan kosmetika. Kini, Anda pun bisa memanfaatkan aloe vera untuk melembapkan kulit yang kering.

Cuaca yang panas dan kering kerap kali berdampak pada kulit yang rentan dehidrasi. Jika sudah begini, maka satu-satunya cara untuk menangkal dari luar adalah dengan menggunakan pelembap.

Nah, agar semakin maksimal, Anda membutuhkan produk pelembap yang water based, dengan tujuan "mengunci air". Sayangnya, menemukan produk yang berkhasiat dan aman bagi kulit merupakan satu hal yang gampang-gampang sulit.

Adapun salah satu solusinya membuat sendiri produk perawatan kulit. Tidak perlu repot-repot mencari bahannya, sebab Anda bisa menggunakan lidah buaya yang terbukti alami dan aman bagi tubuh.

Ada banyak sekali khasiat alami dari tanaman lidah buaya. Beberapa yang populer, yakni kemampuannya dalam merawat rambut, mengurangi iritasi, menghilangkan jerawat, dan flek hitam, hingga melembapkan kulit. Adapun "rahasia" tanaman ini, ada pada daunnya yang mengandung beragam senyawa bermanfaat, seperti vitamin, polisakarida, lektin, hingga mineral.

Sebenarnya, produk berbahan dasar aloe vera di pasaran sendiri sudah cukup banyak. Bentuknya bervariasi, mulai dari krim, facial foam, toner, hingga sari lidah buaya. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya dalam bentuk yang lebih sehat (dan ekonomis), bisa kok, langsung membuat sendiri di rumah.

Alat dan Bahan:

1. Lidah buaya

2. Pisau

3. Mangkuk

4. Garpu

5. Stoples/jar

6. Madu dan vitamin C (opsional).

Cara Membuat:

1. Pilih dan potong daun terluar (atau yang sudah lebih lama tumbuh). Umumnya, daun jenis ini sudah memiliki gel dan daging yang lebih lembut dan segar.

2. Potong daun di bagian pangkal dengan rapi. Harus dipahami, gel dari daun lidah buaya, tidak bertahan lama. Pun itu sebabnya, hindari mengambil daun terlalu banyak.

3. Bersihkan resin dari daun lidah buaya. Caranya, cukup letakkan dan diamkan dalam mangkuk dalam posisi tegak (dengan bagian bawah pangkal daun). Dengan cara ini, resin yang berwarna kuning-gelap akan mengalir hingga habis. Adapun resin ini penting untuk dibersihkan, sebab mengandung getah penyebab iritasi kulit. Demikian ditulis situs Grivy.