Dekatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Dirikan Stand di Balai Kota DKI

• Monday, 25 Sep 2017 - 14:49 WIB

JAKARTA - Dalam rangka percepatan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dan sejalan dengan program dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan terbitnya Instruksi Gubernur Provinsi  DKI Jakarta Nomor 109 Tahun 2017 tentang Percepatan Pendaftaran  Penduduk pada program JKN-KIS, maka salah satu bentuk sinergi positif tersebut dibuktikan dengan dibukanya Booth Pendaftaran di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Pada Program ini, BPJS Kesehatan juga didukung oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah/Unit Kerja Perangkat Daerah, untuk mendata kepesertaan pegawai dibawah pimpinan unit tersebut pada BPJS Kesehatan, apabila belum terdaftar sebagar peserta JKN – KIS,  serta untuk mencocokan data penduduk Provinsi DKI Jakarta yang belum terdaftar sebagai peserta JKN – KIS pada setiap Kelurahan dan Kecamatan, Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta akan memonitor pelaksanaan pendataan dan pendaftaran tersebut secara terpadu dan berkala, dan para Camat serta Lurah Provinsi DKI Jakarta agar mengajak penduduk yang belum terdaftar dalam program JKN –KIS ini untuk mendaftarkan dirinya segera sebagai peserta JKN – KIS.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Pusat,  Bona Evita menjelaskan, terobosan ini kembali dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk meraih tingkat kepuasan peserta yang tinggi serta percepatan rekrutmen peserta. 

"Tentunya dengan adanya booth pendaftaran ini akan memberikan kemudahan akses yang menjadi satu nilai tambah," tegasnya.  

Menurutnya,  mekanisme pendaftaran sendiri juga sangat mudah, cukup dengan membawa data diri berupa KTP dan mengisis Daftar Isian Peserta (DIP), selanjutnya petugas BPJS kesehatan akan memberikan nomor virtual account dan konfirmasi melalui sms.

"Proses pendaftaran ini tidak jauh berbeda dengan proses pendaftaran di kanal pendaftaran yang telah hadir sebelumnya melalui kerja sama dengan Lippo Mall di seluruh Indonesia," ujarnya. 

Sebelumnya, pendaftaran dapat dilakukan di Bpjs kesehatan care center 1500400,
Website bpjs-kesehatan.go.id,  aplikasi bpjas kesehatan mobile di google playstore,  lippo mall poin of services pendaftaran JKN KIS seluruh indonesia, dan kantor cabang BPJS kesehatan terdekat. (ANP)