Ketua KPU: Parpol Dilarang Titip Dokumen ke Petugas!

• Wednesday, 4 Oct 2017 - 16:17 WIB
Ketua KPU RI, Arief Budiman

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan, pihaknya melarang kepada seluruh kader partai politik untuk menitipkan dokumen pendaftaran verifikasi adminiatrasi peserta Pemilu 2019 kepada petugas KPU.

Arief menuturkan, pihaknya hanya bisa menerima berkas tersebut, bila panitia pemeriksa menyatakan bahwa persyaratannya sudah lengkap dan terpenuhi.

"Petugas sudah kita minta pada mereka tidak ada partai yang boleh menitipkan dokumen di sini. Jadi dokumen itu di serahkan pada kita kalau sudah kita nyatakan oke, beres terpenuhi secara keseluruhan baru boleh diserahkan," ujarnya di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2017).

Ia mengimbau kepada seluruh parpol sebelum mengumpulkan semua persyaratan agar diperiksa secara teliti. Hal itu untuk mencegah dikembalikannya dokumen yang telah dibawa karena dianggap tak memenuhi ketentuan yang berlaku.

"Makanya kita minta kepada partai, sekali dia datang seluruh dokumen lengkap baru kita terima," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Arief, pihaknya tak akan mentolerir kekurangan dokumen sekecil apapun. Sebab, kata dia, KPU tak ingin dijadikan 'kambing hitam' bila kemudian hari ditemukan kesalahan administrasi.

"Misalnya pada saat dia mendaftar menyerahkan 100 persen dokumen, kemudian di antara 100 persen itu ada 10 persen yang harus diperbaiki. Maka pada masa perbaikan itu hanya memperbaiki 10 persen tadi. Bukan menambahkan menyerahkan dokumen baru, makanya disebut masa perbaikan bukan masa penyerahan dokumen," tandasnya.

(wal)