Gelar Syukuran, Warga Yogya Sambut Baik Pelantikan Sultan HB X dan Paku Alam X

• Tuesday, 10 Oct 2017 - 15:00 WIB

YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati (KGPAA) Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY masa jabatan 2017-2022 pada Selasa (10/10/2017) sekira pukul 16.00 di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan itu merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta. Siapa pun Raja Kraton Yogyakarta dan Adipati Pakualaman wajib menjadi gubernur dan wakil gubernur DIY melalui mekanisme penetapan, bukan pemilihan.

Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X sendiri masih menjabat gubernur dan wakil gubernur DIY. Namun, hari ini merupakan hari terakhir masa jabatan 2012-2017. Sehingga, pemerintah melakukan pelantikan di hari terakhir masa jabatannya.

Pelantikan sore ini direspons positif warga Yogyakarta yang tergabung dalam beragam elemen masyarakat. Meski tidak langsung bertandang ke Istana Negara di Jakarta, elemen masyarakat Yogyakarta dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan Yogyakarta mengelar syukuran.

"Warga Yogya mengelar aksi spontanitas mangayubagyo pelantikan Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X sore ini," kata pengurus Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putro.

Syukuran ini, kata dia, digelar di depan Gerbang Istana Gedung Agung, Yogyakarta sore ini sekira pukul 16.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat melakukan aksi tersebut tanpa ada persiapan matang, karena dilakukan secara spontanitas.

"Akan ada selebrasi pemotongan tumpeng, pentas teatrikal, orasi, doa syukur lintas agama dan sebagainya," katanya.

Pihaknya mengundang masyarakat luas untuk hadir dalam syukuran ini. Diharapkan, masyarakat mengenakan busana adat nusantara atau seragam organisasi/komunitas masing-masing.

"Mengingat kegiatan bersifat spontan maka masyarakat diperkenankan turut berpartisipasi menampilkan ragam ekspresi seni budaya," ujarnya.

(Ari) / (okezone.com)