Peserta JKN-KIS Gratis Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara Di Kemenkes

• Tuesday, 24 Oct 2017 - 19:18 WIB

Jakarta - Dalam upaya promotif dan preventif, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat menggandeng BPJS Kesehatan untuk membuka Booth Stand dalam kegiatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2017 di Auditorium Siwabessy Gedung Prof. Dr. Sujudi Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Ditargetkan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah 1000 (seribu) peserta perharinya. Selain Kantor Cabang Jakarta Timur, turut serta juga Kantor Cabang Jakarta Selatan dengan agenda Kantor Cabang Jakarta Selatan pada hari Senin, 23 Oktober 2017 dan Kantor Cabang Jakarta Timur pada hari Selasa, 24 Oktober 2017.

Kegiatan ini tidak lepas dari tindaklanjut atas kerjasama yang dilakukan BPJS Kesehatan dan Dharma Wanita Persatuan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (10/10).

Terdapat beberapa ruang lingkup cakupan Nota Kesepahaman tersebut diantaranya (1) Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional  - Kartu Indonesia Sehat (2) Dukungan Upaya penguatan promotif dan preventif bagi peserta JKN-KIS.  Adapun Nota Kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 09 Oktober 2019.

Kegiatan ini merupakan suatu upaya promotif preventif yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan menurunkan jumlah penderita kanker serviks maupun kanker payudara dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Jakarta Timur,  Sinom Priyanti, deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara ini dikhususkan bagi wanita yang sudah berkeluarga sebagai bagian rangkaian Gebyar IVA. Menurutnya, peserta JKN KIS juga akan mendapatkan layanan kepesertaan baik pencetakan kartu, pindah fasilitas kesehatan hingga update data kepesertaan.  

“Selain gratis dalam hal deteksi dini kanker serviks dan payudara, peserta JKN KIS juga bisa memeriksakan kadar gula dalam darah, kolesterol, hipertensi hingga masalah kesehatan lainnya. Caranya sangat mudah, cukup melampirkan foto kopi KTP dan Kartu JKN KIS,” ujarnya.

Sampai dengan Bulan September 2017, di wilayah Jakarta Timur terdapat 2.074 peserta yang telah mengikuti tes Pap Smear dan 7.726 peserta yang telah mengikuti tes IVA. Untuk target BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Timur sendiri ditahun 2017 yang harus diperiksa ialah 3.233 peserta untuk tes Pap Smear dan 7.083 peserta untuk tes IVA. Sebagai informasi tambahan bagi peserta JKN-KIS, diwilayah Jakarta Timur tes Pap Smear dapat dilakukan di Rumah Sakit Bedah Rawamangun, Rumah Sakit Islam Pondok Kopi dan Laboratorium Insani Medical Center, lalu untuk tes IVA dapat dilakukan diseluruh FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Timur. (ANP)