Perppu Ormas Jadi UU, Jokowi: Ini Dibuat untuk Menjaga Pancasila dan NKRI

• Thursday, 26 Oct 2017 - 14:20 WIB
okezone.com

JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik pengesahan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas menjadi undang-undang. Menurutnya, UU Ormas yang disahkan DPR akan menjadi payung hukum untuk menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman perpecahan.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan mengenai Perppu Ormas Nomor 2 Tahun 2017 . Perppu Ormas yang telah disahkan oleh DPR dengan mayoritas mutlak. Yang hadir 445, yang mendukung 314, yang tidak mendukung 131. Artinya jelas banyak yang mendukung mayoritasnya mutlak," kata Jokowi saat membuka Rakernas Walubi di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).

Kepala Negara menjelaskan, pengesahan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 menjadi UU Ormas dilakukan untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Kebhinekaan Indonesia.

"Untuk apa Perppu Ormas ini dibuat, jelas sekali untuk menjaga persatuan kita , untuk menjaga kebhinekaan kita, untuk menjaga ideologi negara kita Pancasila, dan untuk menjaga NKRI," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, bahwa disahkannya Perppu Ormas menjadi UU ini juga menyangkut tentang eksistensi Indonesia di masa yang akan datang. Indonesia, kata Jokowi, harus terus bersatu agar‎ tidak ada pihak yang mencoba-coba untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa. "Jadi (UU Ormas) sudah jelas tujuannya," tegas Jokowi.‎

(sal/Okezone)