Inilah Jadwal Operasi Katarak Gratis

• Wednesday, 29 Nov 2017 - 19:29 WIB

Jakarta - Untuk mempercepat pemberantasan kebutaan akibat katarak, Kemenkes bekerjasama dengan TNI dan Perdami menyelenggarakan Operasi Katarak gratis di 8 provinsi dan 25 Kabupaten/Kota dengan pembiayaan kegiatan sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian Kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada kurun waktu 23 November – 9 Desember 2017. Adapun pelaksaannya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTB dan DKI Jakarta.

Seluruh operasi dilakukan di rumah sakit tentara kecuali di Sulawesi Selatan operasi dilakukan di RSUD Bone RSU Enrekang dan RSU Gowa.

"Operasi ini merupakan rangkaian kegiatan upaya percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak di Indonesia dan mengatasi backlog kasus katarak di Indonesia guna mewujudkan Vision 2020", terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Oscar Primadi.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan kesempatan ini. "Untuk pendataan dan penjaringan masyarakat dapat menghubungi Babinsa dan petugas Puskesmas setempat. Selanjutnya akan di periksa lebih lanjut", kata Oscar.

Adapun lokus operasi adalah
1)    Prov.  Sumatera Barat dilaksanakan tanggal 23 – 26 November di Kota Padang dan Kota Pesisir Selatan;
2)    Prov. Sumatera Selatan dilaksanakan tanggal 23 – 26 November di kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin;
3)    Prov. Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 November di kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya,
4)    Prov. Jawa Tengah dilaksanakan tanggal 23 – 29 November 23 dilakukan di Kota Semarang, Kota Brebes,  kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas dan Salatiga,
5)    Prov. Jawa Timur dilaksanakan tanggal 27 November – 4 Desember dilakukan di kabupaten Malang, kota Malang, Kota Surabaya, kota Sidoarjo, Kabupaten, Jember Kabupaten Kediri;
6)    Prov. Nusa Tenggara Barat dilaksanakan tanggal 30 November – 4 Desember dilakukan di kota Mataram dan kabupaten Sumbawa;
7)    Prov. Sulawesi Selatan dilaksanakan tanggal 30 November – 2 Desember dilakukan di kota Makassar; dan
8)    Prov. DKI Jakarta dilaksanakan tanggal 7 – 9 Desember dilakukan di Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Kementerian Kesehatan bersama dengan Pusat Kesehatan TNI melakukan kerjasama meliputi pembekalan petugas Babinsa dan Puskesmas untuk melakukan skrining katarak di masyarakat. Tercatat 8 provinsi dan 25 kabupaten kota. Sementara operasi dilakukan di rumah sakit yang ditunjuk Puskes TNI dengan sasaran 9000 operasi. (ANP)