Musikal tentang Keberagaman: The Greatest Showman

• Friday, 22 Dec 2017 - 19:35 WIB

 

Genre: Drama musikal

Sutradara: Michael Gracey 

Pemain: Hugh Jackman, Zac Efron, Michelle Williams, Rebeca Ferguson, Zendaya

Durasi: 1 jam 45 menit

Distributor: 20th Century Fox

Nominasi Golden Globe: Film terbaik, aktor terbaik, lagu asli terbaik

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 23 Desember 2017 (midnight show)

 

Perkenalkan Phineas Taylor Barnum atau PT Barnum. Pengusaha kaya raya asal Amerika Serikat, yang bergerak di industri hiburan, tepatnya sirkus dan seni pertunjukkan pada era 1800-an. Diceritakan secara fiksi, bukan biopic, "The Greatest Showman" menampilkan perjalanannya membangun bisnis, yang pada kenyataan bertahan 146 tahun sampai pertengahan 2017.

Dibesarkan oleh ayah seorang penjahit, PT Barnum (Hugh Jackman) dikisahkan berhasil bangkit dari kemalangannya. Menikah dengan Charity (Michelle Williams), perempuan pujaannya sejak masa kecil di Connecticut, berkeluarga, dan mulai membuka Barnum's American Museum di Broadway, sampai mengorbitkan superstar "The Swedish Nightingale" Jenny Lind.

Selain tentang kegigihan, keberanian mengambil resiko, dan semangat pantang menyerah, drama musikal ini juga mengangkat keberagaman dan pentingnya menghargai perbedaan.

Melalui tujuh tahun pengembangan cerita, dan berbagai gagasan penuh resiko, tokoh PT Barnum digambarkan sebagai orang yang mampu melihat potensi siapa saja, terlebih terhadap mereka yang terpinggirkan.

Demi menarik perhatian publik kelas bawah yang belum pernah mengenal sirkus, Barnum mengumpulkan orang-orang unik di antaranya: manusia pendek, perempuan berjanggut, pasangan kembar, orang raksasa.

Resikonya, dia harus menghadapi protes dari masyarakat. Belum lagi keraguan dan kritik dari orang-orang sekitar. Namun dengan niat membawa kebahagiaan bagi penonton serta memperbaiki ekonomi keluarga kecilnya, Barnum berusaha mengatasi masalah demi masalah, termasuk godaan sebagai orang kaya baru.

Dihiasi lagu-lagu pop dengan lirik inspiratif, yang dikerjakan komposer "La La Land" (2016), Benj Pasek dan Justin Paul, penggemar musikal akan dimanjakan lengkap dengan koreografi dinamis, aksi akrobatik, serta tampilan ceria penuh warna.

Selain menghibur lewat nyanyian para bintangnya, "The Greatest Showman" juga membuka mata penonton tentang sosok wirausahawan kontroversial PT Barnum, yang pernah berkata, "Seni yang paling mulia adalah menyenangkan orang lain."

(MAR)