Peringati Hari Kartini, Gerkindo Ladies Gelar Festival Budaya dan Seminar

• Friday, 20 Apr 2018 - 14:25 WIB

JAKARTA - Organisasi sayap Partai Perindo, Gerakan Kasih Indonesia (Gerkindo) menggelar acara Festival Budaya dan Seminar. Kegiatan ini merupakan rangkaian untuk menyambut peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April tiap tahunnya.

Acara ini merupakan gagasan dari Gerkindo Ladies yang mengusung tema 'Peran Perempuan dalam Membangun Nusantara dan Memerangi Korupsi'. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Gedung ASMI, Pulo Mas, Jakarta Timur, Jumat (20/4/2018).

"Kami dari Gerkindo khususnya Gerkindo Ladies sengaja menyelenggarakan acara ini temanya adalah peran perempuan karena bertepatan dengan Hari Kartini," ucap Ketua Gerkindo Ladies, Soraya Togas.

Dalam rangkaian memperingati Hari Kartini, Gerkindo Ladies sudah membuat beberapa event lainnya dalam bentuk yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menghargai perjuangan perempuan dalam memperebutkan kesetaraan.

"Jadi, kami akan selalu bawa slogan ini khususnya untuk perempuan. Kegiatan sebelumnya sudah ada," tutur perempuan yang mengenakan kebaya putih itu.

Dengan diselenggarakannya acara ini, Soraya berharap, para 'Kartini-Kartini' bangsa saat ini bisa mewujudkan emansipasi wanita di Indonesia. Dirinya mengimbau kepada seluruh perempuan untuk sama-sama berjuang demi kemajuan negara Indonesia.

"Sesuai dengan perjuangan Ibu Kartini mengenai emansipasi wanita. Wanita setara pria. Marilah Kartini zaman sekarang yang mempunyai potensi besar untuk maju ke depan," papar Soraya.

Dalam acara festival budaya dan seminar ini sendiri turut ditampilkan fashion show kain batik yang merupakan khas Indonesia. Tak hanya itu, panitia juga menyajikan tarian adat dari Manado, Sulawesi Utara, Tari Panasaran.

Dalam perjalanannya Gerkindo, dikatakan Soraya, memang bergerak atas kepedulian sosial sesama makhluk Tuhan. Beberapa kegiatan pun dilaksanakan demi mewujudkan cita-cita tersebut.

"Iya macam-macam. Tapi sebelumnya sudah beberapa event dilakukan, seperti Natal bersama dengam anak yatim piatu. Dan Paskah bersama di LP wanita Tangerang," ucap Soraya.

Kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Gerkindo, Efraim Yerry Tawalujan menyebut bahwa sebagai organisasi sayap Partai Perindo, pihaknya akan terus menebarkan kebaikan ke sesama umat.

"Ini memang sayap dari Partai Perindo tapi tujuannya untuk pelayanan ke gereja-gereja. Khusus kali ini kami adakan event Hari Kartini ada dua acara seminar tentang peran perempuan dan festival budaya," ucap Yerry.

(Ari)