Antisipasi Kelangkaan 16.000 Tabung Gas LPG 3 Kg Disiapkan

• Tuesday, 31 Jul 2012 - 15:26 WIB

Yogyakarta - Permintaan Gas LPG 3 Kg selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran Gunungkidul, diprediksi meningkat tajam. Pertamina menyiapkan enam belas ribu tabung tambahan.

Kristiyanto, manager Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Gunungkidul, mengatakan bulan Agustus, menjelang puasa lebaran, Pertamina meningkatkan pasokan gas. 182.960 tabung gas LPG 3 Kg atau 548 ton. Meningkat 48 ton dari rata-rata perbulan yakni 500 ton atau 167.000 tabung gas 3 Kg.

Dia menjamin tidak akan ada kelangkaan LPG, karena stok melebihi. diakui Kristiyanto angka permintaan elpiji di wilayah Gunungkidul, cenderung fluktuatif. Namun selama Ramadan dan puasa, penambahan kuota tetap dilakukan agar tetap memenuhi permintaan di masyarakat.

Dijelaskannya  permintaan bulan kemarau biasanya permintaan cenderung turun karena banyak warga yang menggunakan kayu bakar sebagai pengganti gas, namun untuk bulan puasa memang permintaan naik.  Kemungkinan karena penggunaan gas lebih praktis dibandingkan dengan kayu bakar.

Ia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak dinas perindustrian perdagangan koperasi dan esdm, serta 4 agen diseluruh Gunungkidul, untuk menanggulangi kelangkaan atau kelebihan di masyarakat. Jika kelebihan, lanjut Kristianto, memungkinkan terjadinya penyimpangan di masyarakat untuk dioplos.
 
Sementara dihubungi terpisah kepala disperindagkop dan ESDM, Gunungkidul, Siwi Irianti, mengatakan pihaknya sudah meminta tambahan 5-15 persen. Hal ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dan menjamin tidak akan ada kelangkaan. (M.Yuwono/MKS)