Cara Cepat Atasi Sariawan di Bulan Puasa, Salah Satunya Makan Tomat Mentah!

• Wednesday, 23 May 2018 - 10:36 WIB

SARIAWAN adalah masalah mulut yang cukup menggangu. Kondisi ini tidak hanya menyulitkan Anda untuk makan dan minum, tetapi bisa menjadi awal terjadinya masalah kesehatan lain di tubuh Anda.

Terlebih, saat puasa seperti sekarang, ketika ada sariawan menetap di mulut Anda, baik itu di gusi, lidah, atau bibir bagian dalam tentunya akan menggangu keseharian Anda, bukan? Bahkan, jika Anda ingin tahu, munculnya sariawan juga bisa memperparah aroma yang tidak sedap saat berpuasa. Tidak nyaman rasanya!

Nah, pengobatan sariawan ini biasanya memang tidak bisa langsung sembuh. Perlu beberapa waktu untuk akhirnya luka sariawan itu kempes dan hilang. Tapi, jika sampai 10 hari sariawan tidak juga sembuh, ada baiknya Anda memeriksakannya lebih lanjut ke dokter. Ya, siapa tahu itu malah gejala masalah lain.

So, untuk meminimalisir terjadinya masalah yang lebih kompleks, berikut ada beberapa cara menghilangkan sariawan saat berpuasa. Cara-cara ini bisa Anda lakukan selagi berpuasa dan ada juga yang dilakukan saat berbuka atau sedang sahur.

Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi solusi mengatasi sariawan. Tindakan pengobatan ini pun bisa Anda lakukan selagi berpuasa. Ya, asal airnya nggak ada yang ketelen aja. Banyak referensi yang menjelaskan bahwa air garam mampu membunuh kuman yang bersarang di sariawan Anda. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari, ya!

Makan tomat mentah

Nah, bagi Anda yang doyan sayuran, mengonsumsi tomat mentan bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengobati sariawan. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam tomat dipercaya bisa meredakan nyeri dan membunuh kuman sariawan. Sangat disarankan untuk konsumsi tomat mentah ini setelah makan sahur dan setelah gosok gigi sebelum tidur malam.

 

Lidah buaya

Sedang viral belakangan ini lidah buaya untuk mencerahkan dan melembabkan kulit wajah. Tapi, siapa sangka kalau lidah buaya juga baik untuk sariawan, lho. Anda hanya tinggal mengaplikasikan gel lidah buaya ke sariawan yang Anda miliki lalu diamkan beberapa saat. Lakukan treatmen ini hingga nyeri dan radang sariawan kempes!

Rutin membersihkan gigi

Sariawan bisa akan semakin parah jika kondisi mulut tidak bersih. Karena itu, tetap gosok gigi sehari 2 kali atau 3 kali. Pastikan juga mulut bersih dengan berkumur dengan obat kumur. Jika diperlukan, Anda juga bisa menyikat lidah supaya kebersihan mulut terjaga. Mulut yang bersih tentunya akan membuat sariawan cepat hilang.

Jangan malas minum air putih

Di bulan puasa ini, konsumsi air putih dianggap sebagai salah satu hal yang penting. So, jangan pernah malas minum air putih. Tetap 8 gelas perhari supaya kondisi tubuh tetap bugar. Konsumsi air putih juga bisa meminimalisir peradangan sariawan. Ini terjadi karena mulut tidak kering dan produksi air liur tetap terjaga. Anda harus tahu bahwa sariawan bisa semakin parah jika mulut kering dan itu karena kadar air dalam tubuh tidak tercukupi.

(dno/okezone.com)