Deretan Makanan dan Minuman yang Sangat Baik Dikonsumsi saat Sahur

• Wednesday, 23 May 2018 - 13:07 WIB

JAKARTA - Selain niat, kunci tetap kuat melaksanakan ibadah puasa saat Ramadan adalah asupan makanan dan minuman di waktu sahur. Mereka yang berpuasa dianjurkan tetap memilih makanan bergizi seimbang agar nyaman saat menjalani ibadah puasa.

Sahur juga menjadi cara yang sangat penting untuk menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari hingga waktu berbuka nanti. Misalnya, untuk makan sarat karbohidrat dan protein, serta minum tiga gelas air saat sahur.

Porsi makan saat sahur harus memenuhi standar gizi, seperti mengandung karbohidrat kompleks, protein nabati, protein hewani, lemak, dan air mineral yang cukup. Nah, di bawah ini ada contoh makanan yang baik dikonsumsi saat sahur. 

 

Telur

Meski menu satu ini sederhana, namun siapa sangka jika telur adalah makanan paling bergizi dan sangat tinggi protein. Mengonsumsi telur saat sahur dapat membuat Anda tetap kenyang lebih lama. Selain itu, rasanya juga lezat. Apalagi jika dicampurkan dengan sayuran seperti bayam atau semangkuk sop ayam.

Alpukat

Selama sahur, Anda juga dianjurkan tetap mengonsumsi sayur dan buah. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah alpukat. Sebab, buah yang satu ini tinggi serat dan bisa membantu Anda menurunkan berat badan selama puasa. Manfaat lainnya adalah buah alpukat dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga tetap membuat Anda berenergi sepanjang hari. Anda bisa mencampurkan alpukat dengan susu low fat.

Greek Yoghurt

Selain susu, Anda dapat mengonsumsi Greek Yoghurt atau Yoghurt Yunani saat sahur. Alasannya, minuman berfermentasi ini memiliki tingkat protein yang tinggi. Greek Yoghurt juga mengandung probiotik dua kali lebih banyak daripada yoghurt biasa, inilah yang membuat tubuh mendapatkan tambahan protein yang membuat Anda merasa kenyang. Yoghurt ini juga rendah karbohidrat dan membantu Anda menahan haus selama puasa.

Ikan-ikanan

Anda membutuhkan protein hewani saat sahur. Untuk itu, Anda tak cuma butuh buah dan sayuran saja, tetapi juga protein hewani dari ikan-ikanan. Salah satu yang direkomendasikan adalah ikan Salmon. Sudah bukan rahasia umum lagi jika salmon memiliki kandungan yang sangat baik, seperti protein, mineral, vitamin, dan asam lemak omega-3. Tak hanya membantu Anda tetap sehat selama Ramadan, salmon juga berkontribusi pada kesehatan fungsi otak Anda.

Air Putih Tiga Gelas

Saat puasa, kita kerap dilanda masalah dehidrasi di siang hari. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh selama puasa. Karena siang hari tak bisa minum, ada cara agar tetap memenuhi cairan tubuh dengan minum delapan gelas sehari selama Ramadan. Misalkan, minum tiga gelas air putih saat sahur. Setelah itu, satu sampai dua gelas saat berbuka, dan tiga gelas lagi setelah tarawih. Minum air putih cukup saat sahur juga menghindari rasa haus berlebihan di siang hari.

Selamat mencoba!

 

(TutyOcktaviany/iNews.id)