Mobil Pemkab Malas Beli Pertamax

• Wednesday, 1 Aug 2012 - 14:54 WIB

Yogyakarta - Hari ini 1 Agustus 2012 seluruh kendaraan roda dua atau roda 4 operasional pemerintah, BUMD, BUMN, TNI-Polri dilarang mengkonsumsi BBM bersubsidi. Kebijakan pemerintah untuk memebatasi penggunaan bensin bersubsidi ternyata tidak diimbangi oleh perangkat di bawahnya. Di Gunungkidul ditemukan dua kendaraan plat merah masih nekad menggunakan premium.

Dari penelusuran Sindo Radio di sejumlah SPBU di kota Wonosari, ditemukan salah satu mobil plat merah milik pemkab Gunungkidul dengan plat nomor AB 8048 CD dan kendaraan roda dua AD 9613 AL, nekat membeli premium di SPBU 44 -55801 yang beralamat jalur Yogya-Wonosari km 4.

Supervisor SPBU 44-55801, Suparman, mengatakan operator tidak mampu menolak permintaan pengguna kendaraan plat merah tersebut. Padahal petugas operator sudah mengarahkan ke mesin pertamax.

Dikiatakannya, pengguna kendaraan milik pemkab gunungkidul tersebut berdalih jika belum bisa mengikuti anjuran pemerintah.

Suparman menambahkan, jika seluruh operatornya, sudah diperintahkan untuk mencatat setiap kendaraan plat merah yang nekat menggunakan premium dan dilaporkan ke BP Migas.

Dikonfirmasi terpisah, Kabag humas dan protokoler pemda Gunungkidul, Aziz Saleh, mengatakan, surat isntruksi Bupati, sudah dikirimkan ke semua instansi. Semua kendaraan dinas wajib menggunakan pertamax. Sampai sekarang Stiker belum ada, disetiap mobil dinas.

Disinggung mengenai adanya kendaraan dinas yang masih menggunakan premium aziz, mengaku sudah mendapat laporan, namun belum secara resmi.

Jika itu terbukti, pasti akan ada surat teguran dari bupati melalui kepala dinas masing-masing. (M.Yuwono/MKS)