Jamkesmas Untuk Rakyat Indonesia

• Thursday, 2 Aug 2012 - 10:13 WIB

Jakarta - BPJS Kesehatan mulai tahun depan akan diberlakukan oleh pemerintah kepada seluruh rakyat Indonesia dalam memberikan jaminan kesehatan bagi rakyat. Agar pelayanan kesehatan dapat diberikan lebih baik dibandingkan jamkesmas, maka Dewan Jaminan Sosial Nasional mengusulkan premi yang harus dibayarkan oleh rakyat sebesar dua puluh tujuh ribu rupiah per bulan per kepala.

Ketua DJSN Dr Chazali H Situmorang di Jakarta menjamin, jika usulan itu diterima pemerintah maka layanan kesehatan Indonesia akan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena semua rumah sakit maupun klinik swasta akan ikut bisa melayani.

Menurutnya, seluruh penyakit yang diderita masyarakat, kecuali HIV/AIDS juga akan dicover BPJS kesehatan.

Chazali mengatakan, dengan premi itu maka layanan kesehatan didaerah-daerah terpencil, perbatasan maupun tertinggal akan bisa menggandeng sektor swasta untuk menanamkan investasinya.

Dengan tercovernya jaminan kesehatan seluruh penyakit bagi rakyat, maka bisa dipastikan asuransi kesehatan ini lebih baik dibandingkan jamkesmas bagi rakyat miskin dengan premi hanya 6500 rupiah.

Namun demikian premi usulan sebesar dua puluh tujuh ribu rupiah itu masih usulan dan belum diputuskan oleh pemerintah. (ANP/MKS)