Tiga Menteri Keuangan Digugat

• Thursday, 2 Aug 2012 - 11:41 WIB

Jakarta - Tiga Menteri Keuangan sejak tahun 2003 sampai sekarang digugat ke Kejaksaan Agung. Ketiganya yakni Boediono, Sri Mulyani Indrawati dan Agus Martowardojo dilaporkan Asosiasi Pembayar Pajak Indonesia (APPI) atas dugaan penyelewengan pengelolaan keuangan negara.

Sekjen APPI Sasmito Hadinagoro mengatakan, pelaporan tersebut dilakukan tanggal 7 Mei 2012 lalu. Di situ disebutkan ketiga Menteri Keuangan periode 2003-2012 harus bertanggung jawab atas langkahnya yang keliru dalam mengelola keuangan negara. Ketiganya di tuduh terus melakukan pembiaran dengan sengaja pembayaran bunga obligasi rekapitalisasi (OR) kepada perbankan tiap tahunnya sekitar Rp 60 triliun.

Padahal perbankan-perbankan yang memegang obligasi rekap tersebut diketahui sudah menuai untung dan tak patut lagi menerima subsidi dari APBN yang notabene 70 persen berasal dari uang pajak masyarakat.

Kata sasmito, merujuk pada UU Nomor 17 tahun 2003, Tentang Tata kelola Keuangan Negara , APBN harus dikelola dengan transparan dan akuntabel. Namun, sejak tahun 2003diketahui dengan jelas ada penyelahgunaan wewenang oleh tiga menteri keuangan yang secara sadar memasukan pembayaran bunga obligasi rekap kepada perbankan sekitar Rp 60 triliun pertahun.

Sekedar mengingatkan, Obligasi rekapitalisasi atau (OR) adalah surat utang yang diterbitkan pemerintah sehubungan dengan Program Rekapitalisasi Perbankan saat krisis finansial 1997-1998 silam. Perbankan nasional termasuk Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang kala itu diurus Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), menerima injeksi obligasi rekap hingga Rp650 triliun. (ARS/MKS)