Indonesian Movie Actors Awards 2018 Tampilkan Jajaran Juri Baru

• Thursday, 31 May 2018 - 09:12 WIB

JAKARTA - RCTI kembali menyelenggarakan Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) 2018 untuk ke-12 kalinya. Penganugerahan bagi insan perfilman Indonesia ini digelar secara berbeda. Dimana judul film yang terdaftar pada pagelaran ini bertambah dari 47 film menjadi 61 film.

Film-film tersebut merupakan film produksi Indonesia yang dirilis baik di dalam maupun luar negeri dengan periode mulai 1 Maret 2017 sampai 28 Februari 2018. Peningkatan jumlah film yang terdaftar di IMA Awards 2018 ini menunjukkan bahwa industri film Indonesia berlomba mendapatkan apresiasi dimata masyarakat.

"Kalo industri televisi ada beberapa program salah satunya film Indonesia. Meski orang bilang platfromnya beda dibioskop tapi satu dan lainnya saling berhubungan dan keterkaitan dan kita liat indusrti film harus didukung. Bisa melihat industri film setiap tahun semakin bertumbuh dan bertumbuh," ujar Programming dan Acquisition Director RCTI, Dini Putri saat jumpa pers di MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Para juri telah bekerja keras untuk menghasilkan nominasi kategori terbaik dan terfavorit. Terdapat 17 kategori IMA Awards 2018 yang terdiri dari 8 kategori terbaik berdasarkan pilihan juri dan 7 kategori terfavorit pilihan masyarakat melalui voting serta 2 kategori spesial yaitu lifetime achievement yang diberikan setiap tahun.

Akan ada juga special awards yang tahun ini diberikan kembali setelah dua tahun sebelumnya vakum untuk kategori ini. Sedangkan untuk sistem voting, masyarakat dapat memilih langsung melalui SMS, website, Instagram dan meTube yang dapat dilakukan dari 30 Mei 2018 hingga 3 Juli 2018.

"Kita fokusnya seni peran dari yang terlibat. Kita fokus ke awarding aktor dan aktrisnya. Itu juga saran dari dewan juri kalo kita mau menghargai seni peran. Kita kepengennya awarding ini mensuport industri film jadi untuk kembali lagi ke industri film," papar VP of Production RCTI, Untung Pranoto.

Selain jumlah film yang bertambah, perbedaan lainnya juga terletak pada komposisi juri IMA Awards yang bertambah dari 5 orang kini menjadi 7 dewan juri. Mereka adalah Marcella Zalianty sebagai Ketua Dewan Juri serta Lukman Sardi dan Salman Aristo yang sempat menjadi dewan juri IMA Awards sebelumnya.

Sementara deretan juri baru adalah Marsha Timothy, Robert Ronny, Ifa Isfansyah dan Ario Bayu. Kehadiran keempatnya dinilai dapat menambah keragaman sudut pandang penilaian dengan kapasitas di dunia film yang tak diragukan lagi. 

"Kita menilai film bukan dari jumlah penonton tapi juri memilih yang terbaik. Semua berdasarkan kualitas. Kita nggak liat gendre dan penonton tapi kita liat kualitas. Kita kasih kesempatan masyarakat memilih yang terfavorit. Bertambahnya jumlah jajaran dewan juri pada tahun ini juga semakin menambah aspek-aspek penilaian dalam menentukan karya terbaik yang layak masuk daftar nominasi," tutur Ketua Dewan Juri IMA Awards 2018, Marcella Zalianty.

Malam puncak IMA Awards 2018 akan dilaksanakan pada Rabu (4/7/2018) pukul 21.00 WIB dan disiarkan langsung dari Studio 14 MNC Kebon Jeruk, Jakarta. "Dari penghargaan ini kita menstimulasi orang baru. Dengan adanya penghargaan apresiasi kepada mereka menjadi aktor luar biasa. Harapan dengan konsisten setiap tahun, kami berharap dari RCTI terus berkembang nggak cuma satu," kata Dini Putri.

(alv/sindonews.com)