Mengungkap Bagaimana Puasa Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

• Thursday, 31 May 2018 - 10:58 WIB

JAKARTA - Puasa ramadan dikenal bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu dari manfaat puasa adalah menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai serangan penyakit jantung kronis. Lalu, bagaimana bisa puasa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat puasa bagi kesehatan jantung

Penelitian dari Intermountain Medical Center Heart Institute menjelaskan bahwa puasa dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah diabetes. Kedua kondisi tersebut, entah itu kadar kolesterol tinggi atau diabetes memang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jadi, jika Anda harus menghindari kedua risiko tersebut jika tak ingin mengalami penyakit jantung.

Saat berpuasa sebenarnya tubuh merasa lapar dan akhirnya mengalami stres. Hal ini membuat tubuh melepaskan lebih banyak lemak cadangan untuk digunakan sebagai bahan energi, supaya tak lagi merasa lapar.

Tentu saja hal ini membuat tumpukan lemak berkurang banyak, dengan begitu lama-kelamaan kadar lemak total tubuh pun menurun. Kondisi ini bisa menurunkan risiko terbentuknya plak di pembuluh darah sebagai cikal bakal terjadinya penyakit jantung, seperti serangan jantung, dan stroke.

 

Manfaat puasa lainnya adalah membuat tubuh lebih ‘bijak’ dalam menggunakan gula, sehingga ini bisa menghindari tubuh mengalami resistensi insulin yang berujung jadi diabetes melitus. Jika kondisi metabolisme gula terkontrol dengan baik, maka tubuh akan jauh dari risiko terjadinya penyakit jantung.

Dilansir dalam laman Mayo Clinic, orang yang mengikuti puasa dengan pola makan yang sehat memiliki kondisi kesehatan jantung yang lebih baik daripada orang yang tidak. Ini diduga karena orang yang berpuasa secara rutin akan melakukan kendali diri atas apa yang ingin dimakan dan diminumnya.

Orang yang puasa cenderung dapat mengendalikan perilaku sehingga berat badan juga bisa terkontrol. Jika berat badan bisa terkontrol, maka kemungkinan terjadinya penyakit jantung pun semakin kecil.

Puasa juga memberikan efek menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol ini akan menyelamatkan Anda dari risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung.

Tips puasa untuk menjaga kesehatan jantung

Meskipun puasa bisa memberikan manfaat untuk kesehatan jantung Anda, namun itu semua akan Anda dapatkan jika pemilihan makan Anda juga tepat selama berpuasa.

1. Atur ukuran porsi makan Anda

Berapa banyak yang Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk mengontrol porsi makan Anda. Pastikan semua komponen dari kelompok makanan ada di atas piring Anda dengan jumlah yang sesuai. Sayur memenuhi setengah piring. Sumber karbohidrat seperempatnya dan seperempat bagian lagi sisanya untuk lauk pauk. Jangan lupa juga untuk menyertakan buah-buahan di setiap sahur maupun berbuka.

2. Makan lebih banyak sayur dan buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Sayur dan buah juga rendah kalori dan kaya akan serat. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membantu tubuh mencegah terjadinya penyakit jantung. Makan lebih banyak sayur dan buah juga membuat Anda bisa mengurangi makanan yang berkalori tinggi.

3. Pilihlah sumber karbohidrat dengan gandum utuh

Gandum utuh atau biji-bijian yang utuh adalah sumber serat yang sangat baik yang berperan mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Contohnya, pilihlah tepung gandum utuh, roti gandum utuh, oat, nasi cokelat.

4. Batasi lemak tidak sehat

Batasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans saat berbuka dan sahur.Ini sangat penitng untuk membantu mengurangi kolesterol di dalam tubuh . Tingginya kadar kolesterol bisa menimbulkan plak di pembuluh darah yang disebut atherosklerosis, yang aman bisa meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung, atau stroke.

Contohnya pilihlah sumber lemak dari alpukat, kacang-kcangan dan biji-bijan, minyak zaitun, minyak canola.

5. Pilihlah protein yang rendah lemak

Pilihlah protein yang rendah kandungan lemaknya seperti, daging tanpa kulit atau lemak, ikan, telur, kacang kedelai, tahu, tempe, susu skim atau rendah lemak. Dengan memilih sumber protein yang rendah lemak ini membantu tubuh Anda mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang bisa menimbulkan penyakit jantung.

(abp)