Mabes Polri Telah Menetapkan 5 Tersangka Dalam Kasus Pengadaan SImulator SIM

• Friday, 3 Aug 2012 - 14:47 WIB

Jakarta - Hari ini, Mabes Polri menggelar konferensi pers terkait kasus korupsi proyek pengadaan driving simulator pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada anggaran 2011. Tim penyidik bareskrim mabes polri telah melakukan pemeriksaan terhadap 33 saksi yang dinilai mengetahui mengenai pengadaan simulator peraga sim tersebut. Polri juga telah menetapkan 5 tersangka yang terlibat dalam kasus tersebut, diantaranya Brigjen Polisi dengan inisial DP, AKBP TF, pemenang tender BS dan SB, serta  Bendahara Korlantas Mabes Polri Kompol LGM.

Kabareskrim Komisaris Jendral Polisi Sutarman  mengatakan, Mabes Polri mendungkung KPK dalam penyelidikan ini. Namun tim penyidik Bareskrim Mabes Polri juga akan tetap melakukan penyidikan, sebelum ada ketentuan beracara yang mengatur tentang hal tersebut atau melalui keputusan pengadilan bahwa penyidik Polri tidak berwenang menyidik kasus korupsi yang sedang atau bersamaan oleh KPK.

Selain itu, terkait adanya dugaan pihak kepolisian mengahalang-halangi tim penyidik KPK dalam melakukan pengeledahan di gedung korlantas, pihaknya membantah karena dokumen yang di butuhkan kpk sama dengan dokumen yang saat ini dalam penyidikan pihak kepolisian. Pihaknya juga meminta kepada pihak KPK terkait dokumen-dokumen yang tidak terkait dalam kasus korupsi pengadaan driving simulator, untuk segera dikembalikan karena sampai saat ini aktifitas dan pelayanan terganggu karena barang-barang yang tidak termasuk kasus tersebut juga ikut terbawa. (TTS/MKS)