Jangan Diremehkan, 5 Tanda Gejala Leukemia Ini Harus Ditangani Serius

• Wednesday, 18 Jul 2018 - 11:19 WIB

LEUKEMIA jenis kanker yang sering dialami anak-anak. Namun gejalanya sulit dikenali, sebab bisa dibilang biasa saja, namun frekuensi munculnya terus-menerus.

Sebagian besar sel darah baru yang dihasilkan tubuh kita berasal dari sumsum tulang. Kemudian ada juga lemak dalam jumlah besar di ujung tulang, jadi tampak bulat dan besar.

Tapi bagi penderita leukemia, salah satu sel darah baru ini bermutasi dan menjadi kanker. Kemudian mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Orangtua harus cermat mengenali gejala dari leukemia yang kerap dialami anak. Prof Dr Djajadiman Gatot SpA(K) akan menjelaskan lewat ulasan berikut yang dirangkum Okezone, Rabu (18/7/2018).

                                                 

 

1. Kulit tampak pucat

Ketika leukemia berkembang, sel-sel darah baru bisa dirusak oleh sel kanker. Fungsi sumsum tulang bisa diambil alih. Nah aliran darah pun jadi berkurang drastis, akhirnya membuat kulit jadi lebih tampak pucat. Gejala ini terjadi tidak sekali atau dua kali, meski anak terdiam atau beraktivitas, kulitnya tampak pucat dan wajahnya tidak terlihat segar.

2. Anak sering mengeluh kelelahan

"Sudah kulitnya pucat, ditambah dia sering lelah meski aktivitasnya biasa saja. Gejala ini umum terjadi, tapi harus diwaspadai," ujar Prof Djajadiman, saat dihubungi Okezone, Rabu (18/7/2018).

Anak leukemia cenderung tubuhnya sering lemas dan kekurangan energi. Sepanjang waktu dia akan mengalami rasa lelah berlebihan dan tubuhnya terlihat lunglai.

3. Bisa infeksi atau demam

Sel-sel darah merah adalah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Jika tidak sehat, seperti pada penderita leukemia jadi sering sakit.

"Infeksi atau demam adalah salah satu gejala paling umum yang kita lihat. Tapi kalau anak leukemia, ini akan datang sering," tambahnya.

 

4. Sesak napas

Seiring dengan masalah kekurangan energi, sesak napas bisa saja dialami oleh anak penderita leukemia. Terutama selama mereka beraktivitas fisik. Ada perubahan yang tampak terjadi pada tubuhnya yang mudah dikenali.

5. Kulitnya selalu memar

Jika mengalami luka dan goresan di kulit susah sembuhnya. Kulit jadi sering memar dengan mudahnya. Gejala tersebut paling jelas dialami penderita leukemia, sebabnya karena terjadi pergeseran sel darah merah yang tidak wajar. Kondisi ini dikenal dengan istilah petechiae.

 

(ndr)