Searching: Aku Tak Mengenal Anakku Sendiri

• Friday, 24 Aug 2018 - 16:25 WIB

“Searching”, dengan pembawaannya yang menggunakan layar elektronik seperti layar laptop, hp, bahkan kamera cctv ini, membuat thriller ini terlihat unik untuk ditonton. Dengan awal yang “out of the box” menceritakan keluarga David Kim dari layar Windows XP hingga menjadi layar iMac. Semua adegan tersusun dengan rapi dan tidak membuat kita bingung menangkap cerita. 

Putri David, Margot, lahir di keluarga penyayang, tetapi Margot susah mengekspresikan dirinya, dan kesusahan mencari jalan keluar pada kejadian tragis yang dialami. Suatu hari, Margot lupa membuang sampah di dapur dan ayahnya menelepon Margot untuk menyuruhnya membuang sampah. Saat ditelepon, Margot sedang belajar biologi di rumah temannya untuk tes keesokan harinya.

Margot mengiyakan perintah ayahnya untuk membuang sampah nanti dan terburu-buru menutup telepon ayahnya. Saat ayah Margot tertidur, muncul notifikasi di layar komputer, Margot sedang menelepon. Tiga telepon yang masuk itu tidak diangkat ayah Margot karena tertidur pulas. Keesokan harinya sang ayah bingung mengapa Margot menelepon.

David menelepon balik tetapi tidak ada jawaban sampai malam menghampiri. Ayah Margot mulai khawatir dan memutuskan menelepon hotline 911 dan melaporkan Margot telah hilang.

Detektif Vick dan Ayah Margot bersama-sama mencari kemana hilangnya Margot. Namun David mengacaukan pencarian tersebut dan Detektif Vick mengeluarkan ia dalam pencarian. David terpaksa mencari sendiri petunjuk anaknya yang hilang itu lewat laptop yang ditinggalkan Margot di dapur, sebelum hilang untuk selamanya. Ke manakah kira-kira Margot pergi? Diculik? Kabur? Atau ada alasan lain?

Dari segi pengambilan gambar, film ini berani keluar dari zona nyaman. dengan durasi 2 jam, sutradara Aneesh Chaganty tetap dapat menyampaikan dengan baik cerita film ini dari layar kamera hp, komputer, bahkan cctv dengan sempurna dan tidak ada cacat. 

Dari segi penyuntingan, kita terasa benar-benar ada di layar computer atau hp yang ada di film ini. Mulai dari cursor yang bergerak, ketikan, video call, berita, dan lain lain. Color grading yang tidak berlebihan dan enak untuk dilihat membuat kita tidak bosan dalam menonton. Efek suara yang jernih dan menyesuaikan keadaan membuat kita seakan-akan berada di dalam kisah ini.

Akting para actor dan aktris yang natural, script dialog yang rapi dan mampu menarik emosi penonton, menambah kelebihan "searching" dibanding film thriller lainnya.

» Film Tayang: 24 Agustus 2018
» Film Rilis: 3 Agustus 2018 (USA)
» Genre Film: Drama, Mystery, Thriller
» Produksi: Sony Pictures
» Produser: Sev Ohanian, Natalie Qasabian, Adam Sidman
» Sutradara: Aneesh Chaganty
» Penulis: Aneesh Chaganty, Sev Ohanian
» Durasi Film: 102 Minutes
» Rating Film: [R 13+]
» Pemeran:
- John Cho
- Debra Messing
- Michelle La
- Thomas Barbusca

(RIZ)