Crazy Rich Asians: Generasi Muda Korban Tradisi

• Monday, 10 Sep 2018 - 22:24 WIB

"There is a Hokkien phrase 'kaki lang'. It means: our own kind of people, and you're not our own kind."

—Eleanor Young to Rachel Chu—

 

Problema percintaan di "Crazy Rich Asians" dihadapi oleh dua sejoli yang saling mencinta. Rachel Chu (Constance Wu), dosen di bidang ekonomi, dan Nicholas Young (Henry Golding), anak konglomerat, yang digilai banyak wanita. Begitu populernya Nicholas hingga berita mengenai asmaranya dengan Chu langsung tersiar dengan cepat ke publik.

Keluarga Young dicitrakan sebagai keluarga yang teramat kaya raya. Rumahnya bak istana raja dan interior desainnya begitu indah dilihat. Relasinya juga hanya kepada kaum-kaum sosialita yang berderajat tinggi.

Dengan gelar profesor dan kariernya yang cukup cemerlang, tidak membuat Rachel begitu saja diterima oleh Eleanor Young (Michelle Yeoh), ibunda dari Nick. Sang ibu ditokohkan sebagai orang yang mengutamakan kepentingan keluarga dan menjunjung tinggi tradisi, pegangan hidup keluarganya selama bertahun-tahun lamanya. Ini berbanding terbalik dengan Rachel Chu yang berpikiran terbuka dan tak mau dikekang aturan kolot keluarga. Rintangan juga datang dari teman-teman sejawat Nick yang iri dan tidak suka pada hubungan Rachel dan Nick. Masalah terbesar lainnya dan yang utama: masa lalu Rachel dan keluarganya.

Crazy Rich Asians, seperti romansa lainnya, mempunyai alur cerita yang sudah umum: cinta tak direstui, perbedaan strata sosial, dan konflik hubungan yang puncaknya berakhir tragis atau pun indah. Konflik antara Rachel dan keluarga Young tidak terasa menguras hati. Begitu pun perjuangan Rachel dan Nick untuk mempertahankan cinta mereka yang terlihat tidak begitu sulit. Padahal realitanya tidaklah mudah. Butuh waktu lama untuk meyakinkan dan mengubah pola pikir orang tua yang konservatif. Ditambah lagi perbedaan status sosial antar keluarga mereka yang begitu mencolok.

Namun segala unsur tadi tertutupi dengan akting Constance Wu sebagai Rachel Chu dan Michelle Yeoh, aktris senior yang memerankan Eleanor Young. Adegan-adegan saat mereka berbincang benar-benar memperlihatkan bahwa mereka 'tidak cocok' satu sama lain. Setting tempat dan segala kemewahan dipamerkan di "Crazy Rich Asians", juga didukung dengan sinematografi yang bagus, sangat memanjakan mata penonton. Lelucon yang dibuat oleh pemeran lainnya juga cukup menghibur, dan membuat penonton betah di tempat duduknya.

Genre: Komedi romantis

SutradaraJon M. Chu

Pemain: Constance Wu, Henry Golding, Michelle Yeoh, Gemma Chan, Lisa Lu

Durasi: 2 jam

Mulai tayang di bioskop: 11 September 2018

(JOS)