Polisi Periksa Plt Dinas Pariwisata DKI Terkait Biaya Ratna Sarumpaet ke Chile

• Thursday, 11 Oct 2018 - 14:44 WIB

JAKARTA – Polisi memeriksa Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro. Penyidik menanyakan asal-usul pemberian biaya atau sponsor kepada tersangka kasus hoaks Ratna Sarumpaet untuk bepergian ke Chile.

 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pemeriksaan itu dilakukan pada Kamis 10 Oktober 2018, bersamaan dengan pemeriksaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebagai saksi.

 

"Kita lakukan pemeriksaan, yang intinya bahwa berkaitan dengan sponsor untuk tersangka RS ke Chile," ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

 

Namun begitu, Argo tidak menjelaskan detail informasi apa saja yang diperoleh dari Asiantoro berkaitan dengan rencana kepergian Ratna Sarumpaet ke Chile.

 

"Ditanya bagaimana kronologinya, prosesnya, kemudian saksi ditanya bagaimana informasi sponsor itu," pungkas mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur itu.

 

Sebelumnya diberitakan Okezone, Ratna Sarumpaet ditangkap polisi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat hendak menghadiri acara bertajuk "11th Women Playwrights International Conference 2018" yang diselenggarakan di Chile.

 

Penangkapan dilakukan setelah Ratna Sarumpaet resmi ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis malam, 4 Oktober kemarin. Ibu dari artis Atiqah Hasiholan itu sudah dicekal untuk bebergian ke luar negeri karena sudah berstatus tersangka kasus hoaks.

 

Kepergian Ratna Sarumpaet itu dibiayai Pemprov DKI Jakarta senilai Rp70 juta untuk tiket pesawat, uang saku, dan asuransi perjalanan. Seiring dengan batalnya perjalanan itu, aktivis perempuan itu harus mengembalikan uang sponsor yang diterima.

 

Source : Okezone