Polisi Tolak Permohonan Ratna Sarumpaet Jadi Tahanan Kota, Ini Alasannya

• Friday, 12 Oct 2018 - 13:43 WIB

AKARTA - Polisi resmi menolak permohonan tersangka kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet untuk menjadi tahanan kota. Aktivis perempuan itu akan tetap menjadi penghuni tahanan hingga berkas dinyatakan rampung.

 

"Permohonan tahanan kota sudah diterima, setelah anev (analisis dan evaluasi) itu belum dapat dikabulkan," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di kantornya, Jumat (12/10/2018).

 

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur itu menjelaskan, alasan polisi tidak mengabulkan permohonan karena penyidik masih perlu meminta keterangan tambahan.

 

"Dengan alasan masih proses sidik, kayak kemarin masih ada pemeriksaan tambahan saksi, kita kroscek," ujarnya.

 

Sebelumnya diberitakan, pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin telah mengajukan secara tertulis permohonan agar kliennya menjadi tahanan kota. Salah satu pertimbangannya karena usia Ratna Sarumpaet yang sudah lanjut.

 

Insank juga menyertakan surat jaminan dari tim pengacara dan pihak keluarga yang menjamin Ratna Sarumpaet tidak akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatannya sebagaimana menjadi dasar penyidik menahan aktivis perempuan tersebut.

 

Source : Okezone