Ini Hitungan Timnas Indonesia U-19 untuk Lolos ke Perempat Final

• Monday, 22 Oct 2018 - 14:39 WIB

JAKARTA, iNews.id – Kekalahan 5-6 dari Qatar pada laga kedua fase Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018), belum menutup peluang tim nasional Indonesia U-19 untuk lolos ke perempat final AFC Cup U-19 2018. 



Ya, setelah menang 3-1 atas Taiwan pada laga pertama, Kamis (18/10/2018), Garuda Nusantara harus mengalami kekalahan di laga kedua. Buat Qatar, kemenangan itu mengembalikan asa mereka setelah kalah 1-2 dari Uni Emirat Arab (UEA) di laga pertama. Di pihak lain, UEA pesta 8-1 atas Taiwan di laga kedua mereka. 



Kondisi itu membuat UEA memuncaki klasemen sementara Grup A dengan poin sempurna, 6. Qatar naik ke peringkat 2 dengan poin 3, setara dengan Indonesia yang turun ke peringkat 3 karena kalah head to head. Taiwan dipastikan tersingkir karena tak meraih poin di dua laga. 



Dengan begitu, persaingan tinggal menyisakan tiga tim yakni UEA, Qatar, dan Indonesia, untuk memperebutkan dua tiket ke perempat final. Ketiganya masih menyisakan satu laga untuk menentukan nasib. 



Sukses Indonesia mengejar ketertinggalan dari 1-6 menjadi 5-6 membuka kembali peluang untuk melaju ke fase knockout. Jika menang di laga terakhir kontra UEA, maka Garuda Nusantara dipastikan lolos, dengan asumsi Qatar menang atas Taiwan. 



Jika kondisi ini di atas yang terjadi, maka ketiga tim akan mengumpulkan poin 6. Sesuai regulasi turnamen ini, jika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama, maka yang pertama akan dihitung adalah head to head. 



Kedua, tim yang punya poin sama itu akan diperhitungkan selisih gol di antara mereka.  Ketika, jika selisih gol masih sama, maka yang akan dihitung adalah produktivitas gol, alias siapa yang paling banyak bikin gol di antara tim-tim yang poinnya sama itu. 



Jika dari ketiga kriteria di atas masih sama juga, maka yang akan dihitung adalah selisih gol mereka pada seluruh pertandingan di grup. Jika masih sama, maka akan diperhitungkan produktivitasnya di seluruh laga fase grup.



Artinya, jika Indonesia menang 1-0 saja atas UEA, maka tim Garuda Nusantara akan punya poin 6 dengan selisih gol 6-6. Sementara Qatar jika menang atas Taiwan maka akan punya poin 6 dengan selisih gol 7-7. Dan, UEA juga punya poin 6 dengan selisih gol 2-2. 



Jika situasi di atas yang terjadi maka Indonesia akan lolos sebagai runner up Grup A menemani Qatar yang finis di puncak karena paling produktif. 



Namun, jika mampu melibas UEA dengan margin lebih dari satu gol, maka Indonesia akan lolos sebagai juara grup, sementara Qatar runner up



Berikut, hitung-hitungan agar Indonesia lolos ke perempat final AFC Cup U-19. 



1. Indonesia juara grup, jika menang dengan margin 2 gol atas UEA. Apapun hasil Qatar tak akan berpengaruh. 


2. Indonesia juara grup, jika menang 1-0 atas UEA, dan Qatar gagal mengalahkan Taiwan. 


3. Indonesia runner up, jika menang 1-0 atas UEA, dan Qatar juga menang atas Taiwan. 


4. Indonesia runner up, jika imbang dengan UEA, dan Qatar kalah dari Taiwan. 

 

Source: iNews.id