HT Masuk 3 Besar Ketua Umum Parpol Paling Disukai Publik

• Friday, 26 Oct 2018 - 19:00 WIB

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) masuk empat besar ketua umum partai politik peserta Pemilu 2019 paling populer berdasarkan survei Jaringan Suara Indonesia (JSI). Jika diukur dari tingkat kesukaan publik, HT bahkan melesat di posisi 3.

 

Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin mengatakan, survei nasional yang mereka lakukan mengukur tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat terhadap ketua umum partai politik partai peserta pemilu 2019.

 

Di tingkat pengenalan, posisi pertama ditempati Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebesar 98,3 persen, disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebesar 97,8 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebesar 96,6 persen.

 

”Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo berada di posisi empat dengan 67,9 persen. Sebagai partai baru, HT ternyata sosok yang cukup dikenal oleh publik," kata Fajar dalam paparan survei di Jakarta, Jumat, (26/10/2018).

 

Menariknya, ketika diukur tingkat kesukaan terhadap ketua umum partai, posisi tersebut berubah. HT justru berada di posisi ketiga dan Megawati merosot ke posisi kelima.

 

"Setelah diukur tingkat kesukaan publik, posisi pertama SBY sebesar 82,5 persen, kedua Prabowo sebesar 73,9%, ketiga Hary Tanoe 73,7 persen, keempat Yusril Ihza Mahendra 69,7 persen. Ibu Mega turun ke posisi kelima dengan angka 66,4 persen," ujar dia.

Survei nasional JSI dilakukan pada 8 –13 April 2018 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Pengambilan sampel dalam survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Survei juga mengukur tingkat elektabilitas partai. Berdasarkan survei ini, elektabilitas Perindo sebesar 3,2 persen. Partai yang didirikan Hary Tanoesoedibjo (HT) ini akan bersaing ketat dengan partai-partai lama di papan tengah, yakni PKB 4,3 persen, Demokrat dan PKS 3,4 persen, serta PPP 3,3 persen.

 

Perindo melampaui partai-partai lama seperti PAN 2,6 persen dan NasDem 2,0 persen. Sedangkan partai-partai baru lain masih di kisaran 0 koma sekian persen.

 

(Felldy Utama - Zen / iNews.id)