LPDB Edukasi Pelaku Usaha UMKM Agar Naik Kelas

• Wednesday, 31 Oct 2018 - 20:29 WIB

JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) hari ini melakukan sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bisnis Kewirausahaan dan Bisnis Start-Up di Jakarta. LPDB yang merupakan satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM yang berbadan hukum Badan Layanan Umum (BLU) dengan tugas pokok melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pinjaman/pembiayaan KUMKM sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Iman Pribadi berharap dari pengalokasian dana bergulir LPDB-KUMKM yaitu Koperasi dan UMKM dapat lebih berkembang sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional, mengurangi angka pengganguran serta mensejahterakan masyarakat. Menurutnya, dengan memberikan edukasi kepada pelaku usaha UMKM dalam hal akses permodalan, maka hal tersebut sesuai dengan tujuan pemerintah untuk pengembangan kewirausahaan serta menciptakan lapangan kerja baru.

“Dengan edukasi kepada pelaku usaha UMKM dalam hal akses permodalan diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja baru,” tegasnya di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Selain itu, kegiatan tersebut, kata Iman Pribadi juga sebagai bentuk sinergi antara Kementerian Koperasi dan UKM dan LPDB-KUMKM sebagai satuan kerja dengan berbagai institusi jasa keuangan sebagai wujud implementasi “LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang inklusif” dalam pengembangan sektor produktif di Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan acara ini dan berharap melalui acara ini, banyak manfaat dan informasi yang didapat untuk mengakses Dana Bergulir LPDB-KUMKM bagi pengembangan pelaku UMKM dan Bisnis Start-Up,” tambahnya.

Ia menegaskan wirausaha pemula kini bisa medapatkan akses permodalan diberbagai program. Sehingga bisa naik kelas, baik dalam hal permodalan hingga produk yang dihasilkan. Hal tersebut kata Iman, akan berimbas pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja baru.

“Diharapkan dari kegiatan ini nantinya ada wirausaha pemula yang bisa mendapatkan akses permodalan melalui program ini baik secara langsung dari Kementerian Koperasi dan UKM, LPDB-KUMKM maupun program dana bergulir yang disalurkan melalui lembaga perantara mitra LPDB-KUMKM,” kata Iman. (ANP)