Persebaya Vs Persija: Jalan Macan Kemayoran Menuju Puncak Klasemen

• Sunday, 4 Nov 2018 - 14:10 WIB

SURABAYA – Persija Jakarta bertekad meraih tiga poin saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo pada pekan ke-29 Liga 1, Minggu (4/11/2018) sore. Sebab, poin penuh akan membuat Macan Kemayoran menuju puncak klasemen.



Saat ini, Klub Ibu Kota Indonesia itu masih bercokol di peringkat ketiga dengan nilai 48 dan tertinggal dua angka dari PSM Makassar di puncak klasemen.



Secara matematis, PSM berpotensi menjauhi kejaran Persija jika mereka menang saat menjamu Persipura Jayapura, Minggu sore nanti. Namun, jika PSM gagal melibas Persipura, Persija  bisa naik ke puncak klasemen jika bisa menang atas Persebaya. 



Jika PSM ditahan Persipura dan Persija menang atas Persebaya, maka poin kedua tim akan sama-sama 51. Dalam kondisi tersebut, Macan Kemayoran berhak di atas karenahead to head kedua tim imbang namun selisih gol dimenangkan Persija. Saat ini, Persija mengantongi selisih gol +14, sementara PSM +8. 



Hasil pertandingan hari ini akan sangat menentukan langkah PSM dan Persija sebelum bentrok di Makassar pada Jumat (16/11/2018). 



Selain kemenangan, Pelatih Persija Stefano Teco Cugurra berharap pertandingan nanti aman dan tertib. Nakhoda asal Brasil itu juga menginginkan para suporter Macan Kemayoran alias The Jakmania tidak datang ke Surabaya sesuai aturan dari panitia penyelenggara. Hal itu dilakukan untuk menghindari perselisihan dengan Bonek, julukan suporter Persebaya. 


 
“Saya minta buat The Jakmania untuk tidak datang sama sekali. Karena semua tahu yang boleh datang kesana hanya Bonek. Mudah mudahan waktu selesai pertandingan semua bisa pulang aman. Semua pemain, pelatih, wartawan, dan suporter bisa pulang ke rumah dengan selamat,” kata Teco dikutip laman resmi klub.



Sayang, pada laga nanti Persija tidak akan diperkuat beberapa pilarnya seperti kiper Andritany Ardhiyasa dan winger Riko Simanjuntak yang harus membela tim nasional Indonesia. Selain itu, kapten tim Ismed Sofyan dan Rezaldi Hehanusa juga harus diparkir akibat cedera. 


 
Tak hanya Persija, masalah cedera juga diderita dua Persebaya yang dipastikan tanpa Robertino Pugliara dan David da Silva yang masih cedera. 



Namun, biar timpang Pelatih Bajul Ijo Djajang Nurdjaman tetap menargetkan timnya meraih hasil positif demi menjauhi zona degradasi. 


 
Ya, hingga kini, Persebaya masih berada di peringkat ke-13 klasemen dengan nilai 35. Poin yang mereka kumpulkan hanya unggul tiga angka dari PS Tira di posisi ke-16 (zona teratas degradasi). 


 
Meski begitu, Djanur –sapaan Djajang Nurdjaman- sadar misi yang diemban timnya tak mudah diwujudkan mengingat Persija bukan tim yang mudah ditaklukkan. Selain itu, bomber Macan Kemayoran Simic juga tengah on fire setelah berhasil mencetak lima gol dalam empat pertandingan terakhir di Liga 1. 


 
“Kami harus menjaga konsentrasi sepanjang pertandingan dan tidak boleh lengah sedikit pun. Apalagi Persija punya barisan depan yang tangguh,” kata juru taktik yang membawa Persib Bandung juara Indonesia Super League 2014 itu.  



PERKIRAAN PEMAIN 
PERSEBAYA SURAB AYA (4-3-3)
 
Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Andri Muladi, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Fandy Eko Utomo; Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol 
Pelatih: Djajang Nurdjaman 


 
PERSIJA JAKARTA (4-3-3) 
Shahar Ginanjar; Rohit Chand, Jaimerson Xavier, Maman Abd, Michael Orah; Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Renan da Silva; Novri Setiawan, Marko Simic, Osas Saha 
Pelatih: Stefano Teco Cugurra 


 
REKOR PERTEMUAN

 

26/06/2018

Liga 1

Persija vs Persebaya

1-1

19/01/2015

Uji Coba

Persebaya vs Persija

1-1

 

 

 
Prediksi: 50-50

 

Source : iNews.id