Menikmati Keindahan Eksotis Desa Wae Rebo NTT

• Wednesday, 16 Jan 2019 - 14:46 WIB

JAKARTA - Travelling mengincar tempat-tempat eksotis seperti pantai dan pegunungan mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun, apa jadinya jika Anda diajak menikmati keindahan kampung adat yang berada di tempat tertinggi?

 

Ya, kampung tersebut bernama Wae Rebo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini merupakan desa terindah di Indonesia. Berada di sini, Anda akan melihat desa yang masih natural terselimuti kabut.

 

Desa Wae Rebo terlihat menakjubkan karena selalu diselimuti kabut tipis di seluruh perkampungannya. Tak heran jika desa ini kerap dijuluki kampung di atas awan. Secara geografis kampung ini terletak di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

 

Wae Rebo merupakan bagian dari Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Di sini wisatawan mendapat kesempatan untuk melihat dan tinggal di Mbaru Niang, rumah tradisional Flores yang masih tersisa dan hanya ada di kampung Wae Rebo. Pada 2012 silam, Mbaru Niang mendapatkan penghargaan dari UNESCO.

 

"Wae Rebo adalah sebuah desa adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Di kampung ini hanya terdapat 7 rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang. Menurut legenda masyarakatnya, nenek moyang mereka berasal dari Minangkabau, Sumatera. Sumber: wiki," tulis Instagram@jalan2terus, dikutip Rabu (16/1/2019).

 

Berada di desa ini, Anda akan merasakan kenyamanan. Sebab Anda akan melihat pemandangan alam perbukitan dan hutan hijau yang masih asri tersembunyi di balik kabut. Tak hanya pemandangan alam yang dapat Anda lihat di sini. Traveler dapat melihat kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik. Anda dapat melihat tujuh buah Mbaru Niang. atu rumah Mbaru Niang dapat ditempati oleh enam sampai delapan keluarga.

 

Kopi dan kain cura adalah salah satu usaha yang menjadi penghasilan utama dari penduduk kampung Wae Rebo. Kopi yang dijadikan komoditi adalah jenis arabika. Sedangkan kain cura menjadi kerajinan kain tenun yang dilakukan oleh ibu-ibu di Wae Rebo.

 

Wae Rebo terletak di Barat Daya kota Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Rute terbaik untuk mencapai desa ini, Anda dapat memilih rute dari Labuan Bajo.

 

 

Editor : Vien Dimyati

Source : iNews