Puncak Harkopnas 2019 Akan digelar di Purwokerto

• Friday, 18 Jan 2019 - 23:26 WIB

Jakarta - Puncak perayaan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2019 akan dilaksanakan di kota Purwokerto, Jawa Tengah, tepatnya di stadion Satria Purwokerto. Nantinya, para pelaku koperasi dari berbagai wilayah akan diundang bertemu Presiden secara langsung.

Ketua Panitia Harkopnas 2019, Pahlevi Pangeran mengatakan ada yang berbeda dalam menyambut perayaaan Hari Koperasi Nasional kali ini, pihaknya bakal menyelenggarakan “Gerak Jalan Sejuta Koperasi” kegiatan ini diikuti oleh anggota koperasi, masyarakat umum, Dekopinwil, Dekopinda, Dinas Koperasi dan instasi pemerintah tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Kegiatan ini diselenggarakan pada 4 Maret 2019 dan berakhir 24 Maret 2019, dimulai dari Jakarta dan berakhir di kota Semarang,” ujar Pahlevi dalam diskusi mingguan Forwakop di Kementerian Koperasi dan UKM, Jumat (17/1/2019).

 Selain itu, untuk mengakomodir koperasi-koperasi besar pihaknya akan mengadakan Indonesia Cooperative Golf Tournament. Turnamen golf ini akan dibuka untuk 100 orang peserta dari insane koperasi Indonesia, pengurus dan anggota Dekopin & Dekopinda se –Indonesia, yang berlangsung pada 7 Juli 2019 di Pondok Indah. Dan diiktui dengan International Cooperative Expo Forum pada 9 -11 Juli 2019 di Hotel Bidakara Jakarta.

Rangkaian perayaan hari koperasi juga diisi dengan ziarah makam Aria Wiraatmadja. Dikatakannya, ziarah makam Aria Wiraatmadja merupakan pencetus koperasi Indonesia asal Purwokerto yang mendirikan bank simpan pinjam pada tahun 1896. Dalam kegiatan ini bakal dihadiri Menteri Koperasi dan UKM, dan melibatkan 300 kalangan pelajar agar mengenal sejarah koperasi Indonesia.

Lanjutnya, sebagai penghargaan kepada bapak koperasi Indonesia, perayaan harkopnas juga akan diisi dengan ziarah makam Bung Hatta yang dikoordinir oleh Dekopinwil DKI Jakarta, acara tersebut diadakan pada Senin 8 Juli 2019, di pemakaman Tanah Kusir Jakarta.

Panitia juga mengadakan Jambore Koperasi merupakan bagian dari menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi milenial sejak awal guna memunculkan kaderisasi. Perayaan koperasi juga mengakomodir budaya setempat salah satunya rangkaian acaranya ialah Grebek Koperasi. Kegiatan ini diawali karnaval gunungan produk unggulan UMKM dari setiap provinsi Jawa Tengah dengan diiringi berbagai khas seni tari daerah, diadakan pada 12 Juli 2019 bertempat di alun-alun Stadion Purwokerto.

Tak luput sebagai pamungkas acara, panitia mengadakan Renungan Suci di Tugu Koperasi. Tugu Koperasi di kota Tasikmalaya mempresentasikan sejarah gerakan koperasi Indonesia. “Disanalah diselenggarakan kongres koperasi I pada 11 -14 Juli 1947, dengan mendirikan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia, yang saat ini bernama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin),” tandasnya. (ANP)