Dibanderol Rp1,7 Juta per Porsi, Panen Lucifer Finger's Taruhannya Nyawa

• Rabu, 23 Jan 2019 - 19:20 WIB
Lucifer finger's kerang dari Portugal (Foto:BBC)

MENDENGAR kata Lucifer, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah sosok menyeramkan dan mistis. Namun, Lucifer yang ini tak ada hubungannya dengan tokoh jahat tersebut. Lucifer Finger's, binatang laut yang hidup di Perairan Portugal ini masuk kategori kerang terbaik di negara itu.

Di Indonesia kerang jenis ini dikenal dengan nama percebes atau teritip. Disebut Lucifer Finger's atau Jari Lucifer, karena memang bentuknya tampak menyeramkan dan memiliki tubuh tebal seperti tabung hitam kecoklatan yang disertai jari kaki seperti cakar.

 

Walaupun terlihat menyeramkan namun kerang ini dianggap sangat nikmat dan lezat rasanya. Bahkan beberapa restoran di Portugal dan Spanyol juga menyajikan makanan yang aneh dan mahal ini dengan bahan utama kerang tersebut seharga USD115 atau sekira Rp 1,7 juta per porsinya.

 

Melansir dari Odditycentral Rabu (23/1/2019), harga yang terbilang fantastik tersebut disinyalir karena stok jari Lucifer yang langka serta pemburuannya yang sangat berbahaya. Jari Lucifer, tidak dapat dikembangbiakkan dan mereka hanya tumbuh subur di bebatuan zona intertidal laut.

 

Zona intertidal laut sendiri merupakan daerah yang sangat berbahaya. Bahkan para pemburu jari Lucifer harus mengambil risiko tertabrak batu karang saat diterjang ombak, atau bahkan jatuh tenggelam ke lautan. Ada juga penyelam yang beruntung selamat namun dengan patah lengan atau kaki. Paling beruntung kalau hanya sekadar lecet.

 

"Jangan pernah berpaling dari Tuhan ketika Anda menyelam untuk mencari jari-jari Lucifer. Ketika Anda menyelam untuk mencari percebes, Anda kemungkinan besar akan terluka atau terbunuh. Ada banyak kasus penyelam yang jatuh pingsan dan tenggelam. 'Yang beruntung' lolos dengan patah lengan atau kaki atau lecet," kata pemburu Jari Lucifer, João Rosário kepada BBC.

 

Hasil panen jari Lucifer sangat diatur pemerintah Portugal. Hanya ada 80 pemburu berlisensi yang diterbitkan setiap tahun, dan kuota panen harian mereka maksimum sebanyak 15 kg per penyelam.

 

Walau nama dan penampilan jari Lucifer kurang menarik dan sangat aneh, tapi makanan tersebut dianggap lezat oleh pecinta kuliner laut. Mengenai bagaimana cara memasak kerang langkah ini, orang-orang Portugis menyajikan makanan ini dengan merebus Jari Lucifer menggunakan air asin.

Source: Okezone.com