Meski Berusia 76 Tahun, Atlet Renang Mesir Ini Tetap Semangat Incar Gelar Juara

• Tuesday, 29 Jan 2019 - 11:57 WIB
Atlet renang Mesir, Nagwa Yousef Ghorab. (Foto: Reuters)

KAIRO - Bila dedikasi saja sudah cukup menjadi kunci kemenangan, Nagwa Yousef Ghorab, seorang perenang perempuan asal Mesir berusia 76 tahun, pasti sudah mengantongi banyak medali kejuaraan.

 

Ghorab pertama kali berenang pada usia empat  tahun. Pada usia 14 tahun, perenang putri itu meraih gelar juara gaya bebas dan punggung untuk Mesir dalam kategori usia di bawah 16 tahun (U-16).

 

Akan tetapi, Ghorab harus berhenti berlomba pada usia 18 tahun. Hal tersebut karena Mesir pada saat itu tidak punya kompetisi untuk atlet renang dewasa. Kendati demikian hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berlatih hingga puluhan tahun kemudian.

 

“Saya akan membuktikan kepada Anda dan semua orang bahwa usia bukan halangan, bila Anda punya kemauan. Dan, bila Anda punya pandangan positif dalam kehidupan,” kata Ghorab kepada Reuters, Selasa (29/1/2019).

 

 

Kompetisi renang untuk atlet dewasa akhirnya kembali diadakan di Mesir pada 2005. Ghorab, untuk pertama kali setelah sepuluh tahun lamanya akhirnya naik ke podium internasional setelah memenangkan dua medali perunggu di sebuah kejuaraan di Rusia.

 

“Ini sudah ada dalam diri saya selama 60 tahun, menunggu untuk dilepaskan,” katanya. “…saya ingin maju di pertandingan internasional. Saya tidak ingin dikalahkan siapa pun. Apalagi, saya berkompetisi atas nama negara saya,” sambungnya.

 

Ghorab sekarang sedang berlatih untuk kejuaraan di Korea Selatan. Pelatihnya, Haytham Sabry, mengatakan dia punya semangat seperti atlet berusia 20 tahun.

 

“Dia punya tekad kuat saat udara dingin maupun panas. Dia masih datang setiap hari untuk berlatih. Tidak ada kejuaraan ingin dia lewatkan,” tukas Sabry.

 

(RNR)