Jokowi Minta TNI-Polri Respons Cepat Revolusi Industri 4.0

• Tuesday, 29 Jan 2019 - 14:20 WIB

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI-Polri merespons kemajuan teknologi dalam revolusi industri 4.0 secara cepat, sehingga Indonesia dapat bersaing dengan negara lainnya di dunia.

 

"Saya ingatkan saja bahwa sekarang ini dengan adanya revolusi industri 4.0 betul-betul harus kita respons, terutama TNI-Polri perlu respons secara cepat," ujar Jokowi saat menggelar rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

 

Jokowi mengatakan, para prajurit harus lebih menggiatkan kembali kegiatan riset teknologi kemiliteran untuk meningkatkan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

 

"Mungkin dengan lebih menggiatkan lagi riset untuk alutsista kita," jelasnya.

 

Presiden Jokowi berfoto bersama perwira tinggi TNI/Polri usai rapat pimpinan di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

 

Kepala Negara secara spesifik meminta TNI-Polri untuk menggunakan teknologi virtual reality, hingga teknologi 3D printing seperti negara lain yang telah mengembangkannya dari sisi kemiliteran.

 

"Misalnya penggunaan virtual reality dan 3D printing yang di negara lain sudah dikembangkan di sisi kemiliteran," tandasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan pengarahannya kepada sekira 300-an perwira tinggi (pati) TNI-Polri. Dia didampingi Menko Polhukam Wiranto, Seskab Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jendral Tito Karnavian.

 

(erh)