The Mule: Kakek Tua Pengantar Narkoba

• Thursday, 31 Jan 2019 - 20:48 WIB

Earl Stone (Clint Eastwood) veteran perang dunia II berusia 90 tahun mempunyai Sunnyside Flower Farm. Memiliki tuntutan hidup yang berat, ditambah hubungan retaknya bersama anak perempuan, Iris (Alison Eastwod), ia berubah menjadi kurir narkoba tertua di tempatnya.

Earl kemudian ditangkap oleh polisi setelah ketahuan membawa truk berisi narkoba seharga jutaan dollar. Ia akan mengantarkan kokain itu ke salah satu gembong narkoba terbesar di Meksiko yaitu Sinaola Cartel.

Agen Collin Bates (Bradley Cooper) ditugaskan untuk menyelidiki Sinaola Cartel yang semakin lama semakin membesar pengiriman narkobanya. Di sisi lain Earl harus menjaga anaknya Iris dan cucunya Grinny (Taissa Farmiga) dari ancaman membahayakan.

"Lebih baik sukses di luar, daripada menjadi pengecut di rumah," itulah kalimat yang dijadikan sebagai prinsip hidup Earl, sehingga berujung dijauhkan oleh keluarganya.

Earl hanya ingin menjadi yang terbaik di mata keluarganya, hingga lupa menyempatkan untuk datang di acara pernikahan anak perempuannya. Semua kecewa dengan Earl yang sangat ditunggu-tunggu, dalam kegiatan terpenting dalam keluarganya itu. Dia lebih mementingkan sebuah acara “Penghargaan Kebun Terbaik” yang jatuh ke tangan Earl Stone.

Aktor Clint Eastwood menjadi pemeran utama sekaligus sutradara The Mule yang sangat menginspirasi penonton, sekaligus menandai pertama kalinya, pemenang Piala Oscar itu berada di depan maupun belakang kamera, sejak "Gran Torino" (2009). 

Meski bercerita tentang kaum lanjut usia, tetapi The Mule sangat relevan dengan siapa saja, apalagi penonton generasi muda. 

Eastwood berkomentar, "Earl sangat tidak berhasil dalam kehidupan rumah tangganya. Pada saat yang sama dia bercanda, bermain-main, bercerita tentang bagaimana saling berhubungan dengan keluarga mereka. Sekarang, ketika dia ingin kembali ke keluarga, itu sulit dilakukan." 

Dihiasi tempat-tempat pedesaan Amerika Serikat di New Mexico, Colorado, dan menuju Chicago, Illinois, lengkap dengan ladang jagung, sapi di padang rumput mereka, padang pasir terbuka, dan jalan terbuka. 

Penonton diajak mengikuti sulitnya hidup Earl, penuh penyesalan atas kesalahan masa lalu, dan atas kesalahan yang dilakukan sekarang dengan sadar. 

Dia berharap bisa membuat masa depan, yang tidak akan disesali kemudian. Hal itu bermuara pada dua hal sederhana,  yang paling sulit dalam hidup: keluarga, dan pengampunan.

Eastwood menceritakan, "Earl adalah pria yang tahu, dia tidak melakukan hal yang benar oleh keluarganya, tetapi sekarang dia melihat, keluarganya mungkin tidak pernah memaafkannya. Itu merupakan pukulan telak."

Aktor berusia 88 tahun itu berpesan, kita selalu berpikir punya waktu. Mungkin tidak, tetapi mungkin ya, kita bisa sampai pada masa tua seperti Earl.

Earl Stone sangat acuh dengan keluarganya, bagaimana bisa seorang kepala keluarga menjadi sangat acuh terhadap keluarga yang ia bangun itu?

Lalu, bagaimana nasib Earl Stone? Apakah hubungan dengan keluarganya membaik atau semakin memburuk? Apakah ia bisa menjaga anak dan cucunya dari ancaman bahaya?

 

Mulai tayang di bioskop pada tanggal 30 Januari 2019.

Genre: Drama, Thriller, Crime

Sutradara: Clint Eastwood

Pemeran: Clint Eastwood, Bradley Cooper, Alisa Eastwood, Tassa Farmiga, Dianne West

Distributor: Warner Bros Pictures

Durasi: Hampir 2 jam

(TIA)