Ditahan Bilbao 0-0, Barcelona Raih Hasil Imbang Ketiga Beruntun

• Monday, 11 Feb 2019 - 09:32 WIB
Defender Barcelona Gerard Pique (kiri) memenangi duel udara atas gelandang Athletic Bilbao Raul Garcia pada jornada ke-26 La Liga di San Mames, Senin (11/2/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

BILBAO – Barcelona gagal meraih kemenangan usai bermain imbang 0-0 dengan Athletic Bilbao pada jornada ke-23 La Liga di Stadion San Mames Barria, Senin (11/2/2019) dini hari WIB.

Hasil ini merupakan merupakan skor imbang ketiga yang didapat Barcelona secara beruntun di semua ajang. Sebelumnya, pada dua laga di Camp Nou, Blaugrana juga ditahan 2-2 Valencia pada La Liga, Sabtu (2/2/2019), dan kembali imbang 1-1 pada el clasico kontra Real Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Rabu (6/2/2019) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Barcelona tetap di puncak klasemen dengan poin 51, unggul enam angka dari peringkat kedua Real Madrid, dan selisih tujuh nilai dari urutan ketiga Atletico Madrid. 
 
Main di kandang Bilbao, Barcelona sebenarnya mampu menguasai jalannya pertandingan sejak laga dimulai. Namun tim asuhan Ernesto Valverde itu tampak kesulitan untuk menembus area pertahanan Bilbao, sehingga minim tercipta peluang. 
 
Bahkan ketika laga sudah berjalan hingga menit ke-32, Blaugrana belum juga mendapatkan kesempatan untuk melepaskan tendangan ke arah gawang Bilbao. Tuan rumah justru mampu mencatatkan enam tendangan dan dua di antaranya mampu tepat ke arah gawang Barcelona. 
 
Meski begitu, Barcelona terus membangun serangan dan menekan lini pertahanan lawan. Tetapi, Bilbao juga tampil sangat apik di lini pertahanannya dan dapat menghalau segala serangan yang dilancarkan Barcelona. Tak ayal, babak pertama berakhir tanpa ada satu gol pun yang tercipta.

Begitu babak kedua dimulai, klub Katalan itu kembali menguasai bola dan berusaha untuk melancarkan serangan. Tetapi, mereka masih belum juga menemukan celah pada pertahanan Bilbao, sehingga tak bisa mendapat peluang. 
 
Bilbao justru nyaris memimpin pada menit ke-65. Yuri Berchiche menerima umpan dari Mikel San Jose yang membongkar pertahanan Barcelona. Namun, sepakan Berchiche masih belum juga menemui sasaran dan melebar ke sisi gawang Barcelona. 
 
Setelah itu Bilbao tampak menemukan ritme pertandingan dan berusaha menekan Barcelona. Tetapi, Blaugrana mampu memperketat pertahanannya, sehingga tuan rumah tak mampu memaksimalkan serangan. Pertandingan pun berahir tanpa ada gol tercipta. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
ATHLETIC BILBAO (4-2-3-1)
 
Herrerin; De Marcos, Alvarez, Martinez, Balenziaga; Dani Garcia, Benat  (San Jose 56); Susaeta (Muniain 62), Raul Garcia, Berchiche; Williams (Kodro 90) 
Pelatih: Gaizka Garitano 
 
BARCELONA (4-3-3) 
Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet (Vermaelen 88), Roberto; Vidal (Alena 63), Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Coutinho (Dembele 75) 
Pelatih: Ernesto Valverde