Pembukaan Kualifikasi Regional Piala Presiden Esports 2019 Digelar di Palembang dan Bali

• Monday, 11 Feb 2019 - 10:53 WIB
Juara 1 regional Palembang Piala Presiden Esports 2019. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Perkembangan pesat cabang olahraga (cabor) esports dalam beberapa tahun terakhir telah membuat semakin banyaknya turnamen ataupun kompetisi yang bermunculan. Guna mendukung perkembangan esports dan mencari bibit-bibit baru atlet, Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bersama-sama menyelenggarakan turnamen Piala Presiden Esports 2019.

 

Penyelenggaraan turnamen ini diadakan oleh IESPL. Acara ini ditargetkan dapat diikuti lebih dari 4.000 atlet esports di seluruh pelosok Indonesia. Pembukaan babak kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2019 pun telah diselenggarakan secara offline di dua kota, yaitu Palembang dan Bali, pada Sabtu 9 Februari 2019. Sebanyak 64 tim yang beranggotakan lima orang ikut serta langsung dalam pembukaan tersebut.

 

“Indonesia adalah negara ke-16 terbesar di dunia untuk games menurut data Newzoo.com dan ada 42 juta lebih pemain game di Indonesia. Market game di Indonesia sudah lebih dari USD890 juta, jadi ini sudah bukan industri yang main-main. Kami harus bersama-sama karena Piala Presiden ini menjadi tonggak awal membangun ekosistem game dan esports di Indonesia,” ujar Deputi Infrastruktur BEKRAF, Hari Santosa Sungkari, di pembukaan babak kualifikasi regional yang digelar di Bali.

 

Dari 64 tim yang bertanding, 16 tim berhak masuk ke babak perempatfinal dan bertanding pada Minggu 10 Februari 2019 di lokasi yang sama, yaitu Palembang Sport and Convention Center dan Mal Bali Galeria. Nantinya, tiga terbaik dari 16 tim tersebut berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp25 juta untuk juara 1, Rp15 juta untuk juara 2, dan Rp10 juta untuk juara 3.

 

Untuk regional Palembang, juara 1 dimenangkan oleh Professional Esports dari Medan. Juara 2 dan 3 masing-masing dimenangkan oleh 13 Link Esport dari Pekanbaru dan Chronicles WRT dari Palembang. Sementara itu, juara 1 untuk regional Bali adalah ROC Esports. Juara 2 dan 3 masing-masing dimenangkan oleh KtxEsports dan Truesight.

 

Juara 1 regional Bali Piala Presiden Esports 2019

 

Nantinya, juara satu dari masing-masing regional akan bertanding melawan regional lainnya di Jakarta pada 30-31 Maret 2019. Piala Presiden Esports 2019 ini sendiri membuka pendaftaran di delapan kota di Indonesia, yaitu Palembang, Bali, Makassar, Surabaya, Manado, Solo, Pontianak, dan Bekasi.

 

Akan tetapi, hanya dua kota awal saja, yaitu Palembang dan Bali, yang menyelenggarakan kualifikasi regionalnya secara offline. Sementara itu, kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2019 di enam kota lainnya akan diselenggarakan secara online untuk mendapatkan finalis yang kemudian akan bertanding secara langsung.

 

Staf Ahli Madya Kantor Staf Presiden, Abraham Wirotomo, berharap kehadiran Piala Presiden Esports ini bisa menjadi pesan kepada seluruh peminat game online untuk sama-sama menjaga ekosistem esports.

 

“Anak muda kami akan menghadapi Revolusi Industri 4.0, mereka akan menghadapi tantangan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Untuk itu, minat dan bakat mereka terhadap hal-hal yang berbau digital tidak bisa dibendung, harus disalurkan dalam kegiatan yang positif. Turnamen seperti Piala Presiden Esports 2019 bisa mendorong minat game online diarahkan dengan nilai-nilai sportivitas,” tukas Abraham.