Beredar Foto Prabowo Jadi Presiden dan Gandeng Titiek Soeharto, Begini Faktanya

• Tuesday, 12 Feb 2019 - 14:32 WIB

SEBUAH akun Facebook (FB) kembali menebarkan informasi palsu. Seperti yang dilakukan pemilik akun atas nama Billy Suganda. Ia memposting foto yang terdapat Prabowo Subianto bersama Titiek Soeharto.

 

Dalam foto itu, terdapat tulisan: Presiden RI, Jenderal H. Prabowo Subianto 2019-2024 bersama Ibu Negara, Ibu Titiek Soeharto. Billy juga melengkapi narasi dalam postingannya (https://facebook.com/story.php?story_fbid=163144161334496&id=100029167390634), sebagai berikut:

 

Kini, postingan Billy sudah dibagikan 33 kali, saat tangkapan layar ini dibuat, Senin (11/2/2019).

 

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari oleh Sasrabahu Achmad, member laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), foto tersebut merupakan editan.

 

"Ini manipulasi konten. Jelas itu disinformasi atau sebuah informasi yang salah. Namun pelaku sudah mengetahui bahwa informasi tersebut salah tetapi sengaja disebarkan dengan motif tertentu," ujarnya.

 

Achmad melanjutkan, foto yang diunggah oleh akun Billy itu sudah melalu proses edit atau suntingan. Foto tersebut merupakan foto resmi kepresidenan saat kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono.

 

Foto aslinya pernah dimuat di http://www.presidensby.info/kisah-hidup-sby-menikahi-ani-yudhoyono dan http://m.forum.detik.com/9-versi-foto-resmi-presiden-sby-t254772.html

 

Karena dianggap lucu dan sedikit memaksa, tak sedikit netijen mengomentari foto di akun Billy ini. "Ente mabuk apa tong," tulis akun Wilfrid Lase.

 

"Kelihatannya yang edit ini kecerdasannya di bawah rata-rata. Gak takut apa dilaporkan Pak SBY ke polisi? Berani-beraninya mengedit foto orang lain, apalagi foto mantan presiden. Seharusnya anda menaruh hormat," tulis Tiarma Hutagalung.