HAPPY DEATH DAY 2U Kembalinya Pembunuh Berantai di Hari Valentine!

• Wednesday, 13 Feb 2019 - 21:10 WIB

Kisah kematian berulang-ulang dari Theresa “Tree” Gelbman merupakan cerita utama yang kembali diangkat dalam Happy Death Day. BlumHouse Production pun mengemas Happy Death Day 2U, sekuel dari pendahulunya, yang tayang pada tahun 2017 lalu.

Masih disutradarai oleh Christopher Landon, Happy Death Day 2U juga menampilkan muka-muka yang sebelumnya menghiasi Happy Death Day.

Awalnya tokoh bernama Tree dibunuh secara misterius di hari ulang tahunnya. Sesudah mati, Tree justru dibawa ke putaran waktu misterius yang tunjukkan beberapa kejadian sebelum ajalnya.

Momen meninggal dunia yang terjadi berulang-ulang memang cukup menyita stamina dan psikis seorang Tree Gelbman (Jessica Rothe). Namun di balik semua itu, Tree menyadari, kebohongan yang dilakukan di setiap kematiannya, justru menjadi hal yang lebih menyeramkan daripada kematian itu sendiri.

Happy Death Day 2U tentunya menawarkan sesuatu yang baru. Namun, sentuhan-sentuhan 'fresh' yang ditampilkan malah terasa kurang menggigit. Unsur thriller yang coba dihadirkan terasa lemah. Happy Death Day 2U otomatis hanya bergantung pada jumpscare-jumpscare yang ditempatkan di beberapa bagian film.

Salah satu yang paling menonjol adalah unsur drama yang cukup kental, yaitu ercintaan dan relasi dalam keluarga Tree. Gadis beramput pirang itu terlibat asmara dengan kekasih sahabatnya sendiri, yaitu Carter Davis (Israel Broussard). 

Produser Jason Blum, yang terkenal lewat Glass, Split, Get Out, mengapresiasi kedalaman karakter yang dihadirkan dalam alurnya. “Sisi emosional kali ini lebih tinggi karena kedua orang tua Tree sekarang hidup, dan loop mempengaruhi pemain yang jauh lebih besar daripada karakter Tree sendiri,” jelas Blum.

Sutradara Christopher Landon juga dipuji telah membuat cerita tetap segar dengan membuat lebih banyak karakter yang ditampilkan.

“Film ini adalah pendamping utama untuk yang pertama. Saat menontonnya back-to-back, rasanya seperti kesatuan utuh. Callback-nya tidak terbatas. Kami dapat menggunakan bidikan dari film pertama bukan sebagai kilas balik, tetapi sebagai kelanjutan dari cerita. Para penggemar dapat mempelajari lebih lanjut tentang Tree, Danielle, Ryan dan Carter — dengan semua ketakutan yang mereka sukai, elemen fiksi ilmiah yang kami bawa, ditambah banyak tawa dan emosi yang dalam," kata Sutradara Christopher Landon.

Tak banyak horor dan ketegangan yang ditawarkan. Unsur ketegangan dan elemen horor muncul di awal-awal saja. Kurang lebih sekitar 20 menit pertama. Setelah itu, sisa dari 100 menit durasi, penonton diajak lebih banyak mengeksplorasi aksi konyol dan drama. Meski ada sedikit sisipan-sisipan adegan ketegangan tetapi Happy Death 2U tidak sehoror dan semenarik yang pertama. 

Walaupun begitu, Happy Death 2U tetap menyajikan investigasi menegangkan dan membuat penasaran. Penyelidikan dilakukan Tree untuk mengungkap siapa pembunuh bertopeng di dimensi baru, yang tidak hanya mengincar dirinya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

Lalu, siapakah pembunuh yang harus dihadapi Tree Gelbman? Dan sanggupkah Tree lolos dari lingkaran waktu yang menjebaknya?

Happy Death 2U memberikan nuansa lain sebuah sekuel. Alih-alih tetap memberikan ketegangan beruntun kepada penontonnya, sutradara Christopher Landon juga menjadi penulis film ini, memberikan tontonan yang menghibur. Di sini, karakter Tree menjadi lebih dewasa dan bukan sekadar sosok yang suka berteriak-teriak ketakutan. 

 

Mulai tayang di bioskop Indonesia:  13 Februari 2019

Genre: Drama, Thriller, Romantic.

Sutradara: Christopher London (Paranormal Activity: The Marked Ones)

Pemeran: Jessica Rothe, Israel Broussard 

Distributor: United International Pictures Indonesia

(RIZ)